Sistem pengawasan aktifitas santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rokhmawati, Fanny Nur (2018) Sistem pengawasan aktifitas santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur'an Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fanny Nur Rokhmawati_B74214040.pdf

Download (11MB)

Abstract

Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah sistem pengawasan aktifitas santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Lamongan. Untuk dapat mengetahui persoalan tersebut, metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif pendekatan deskriptif. Hal tersebut digunakan untuk menggambarkan secara aktual tentang sistem pengawasan aktivitas santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Lamongan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, maupun observasi. Teknik validitas data penelitian ini menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti di lapangan, triangulasi, dan diskusi. Teknik analisis data penelitian ini dimulai dengan pemilahan dan pemfokusan data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sistem pengawasan aktifitas santri dilakukan untuk memastikan bahwa santri turut serta melakukan program kegiatan yang telah direncanakan, perintah yang telah ditetapkan, maupun prinsip yang dianut. Aktifitas santri yang memerlukan adanya sistem pengawasan di antaranya keluar-masuk komplek pondok, izin pulang dan kembali ke pondok pesantren, ngaji Al-Qur’an, ngaji weton dan diniyah, sholat berjama’ah, dan pembayaran SPP dan UMK. Sistem pengawasan yang diterapkan merupakan pengawasan represif. Sistem pengawasan aktifitas santri dilakukan oleh pihak internal maupun eksternal. Cara yang digunakan oleh petugas untuk mengumpulkan fakta-fakta pengawasan yaitu secara pribadi, interview, maupun laporan tertulis. Sistem pengawasan tersebut dilakukan dengan aktif oleh petugas. Sistem pengawasan tersebut dilakukan dengan cara tidak langsung oleh pimpinan pondok pesantren. Metode pengawasan yang digunakan adalah metode pengawasan kualitatif. Sistem pengawasan aktifitas santri Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an Lamongan bersifat positif dan juga negatif. Sistem pengawasan tersebut tidak lepas dari pemberian reward dan punishment.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rokhmawati, Fanny Nurf.nurrokhmawati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Dakwah
Santri
Keywords: Sistem pengawasan; pengawasan aktifitas santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Rokhmawati Fanny Nur
Date Deposited: 30 Apr 2018 07:45
Last Modified: 30 Apr 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24540

Actions (login required)

View Item View Item