Pengaruh keikutsertaan program tahfidzhul Qur'an di Pesantren Auliyaa’ terhadap prestasi belajar siswa SMK Yos Sudarso Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bastomi Bsy, Mas Moh Imam (2018) Pengaruh keikutsertaan program tahfidzhul Qur'an di Pesantren Auliyaa’ terhadap prestasi belajar siswa SMK Yos Sudarso Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mas Moh Imam Bastomi Bsy_D01214026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Program Tahfidzhul Qur’an siswa SMK Yos Sudarso di Pesantren Auliyaa’? Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMK Yos Sudarso Sidoarjo ? Bagaimana pengaruh keikutsertaan Program Tahfidzhul Qur’an di pesantren Auliyaa’ terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMK Yos Sudarso Sidoarjo ? Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang di laksanakan di SMK Yos Sudarso Sidoarjo dengan melibatkan siswa kelas X, XI dan XII yang mengikuti Program Tahfidzhul Qur’an di Pesantren Auliyaa’. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan studi dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1.Program Tahfidzhul Qur’an di pesantren Auliyaa’ dilaksanakan pada hari Senin sampai dengan hari Sabtu. Program Tahfidzhul Qur’an di pesantren Auliyaa’ cukup baik, hal ini diketahui dari hasil penelitian yang menunjukkan hasil yang diperoleh adalah 60,18, dengan demikian program Tahfidzhul Qur’an di pesantren Auliyaa’ adalah cukup baik. 2.Prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMK Yos Sudarso Sidoarjo di capai dengan nilai rata-rata 89, dengan demikian nilai rata-rata prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Yos Sudarso Sidoarjo adalah sangat baik. 3.Pengaruh keikutsertaan program Tahfidzhul Qur’an dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMK Yos Sudarso Sidoarjo adalah positif dan signifikan. Hal ini ditunjukan oleh prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa ditentukan atau dipengaruhi oleh hafalan Al-Qur`an sebesar 72,91 dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain seperti, faktor genetik, fasilitas belajar, dan metode pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bastomi Bsy, Mas Moh Imamimambastomi1994@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hafalan
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Pengaruh; Program Tahfidzhul Qur’an; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nggozaini Diki
Date Deposited: 04 May 2018 06:47
Last Modified: 04 May 2018 06:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item View Item