Peningkatan pemahaman materi akhir hayat Nabi Muhammad SAW mata pelajaran SKI melalui strategi Gallery Walk pada siswa kelas V MI KH Romly Tamim Bulak Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Fitrotul (2018) Peningkatan pemahaman materi akhir hayat Nabi Muhammad SAW mata pelajaran SKI melalui strategi Gallery Walk pada siswa kelas V MI KH Romly Tamim Bulak Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitrotul Azizah_D77214066.pdf

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pemahaman materi dalam mata pelajaran SKI. Hal tersebut dikarenakan jumlah peserta didik dalam kelas V terlalu banyak sedangkan dalam pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan strategi ceramah yang belum cukup membantu dalam meningkatkan pemahaman materi. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya dalam meningkatkan pemahaman materi dengan melalui strategi Gallery Walk. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan strategi Gallery Walk pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) untuk peningkatan pemahaman materi akhir hayat nabi Muhammad SAW pada siswa kelas V MI KH Romly Tamim Bulak Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi akhir hayat nabi Muhammad SAW mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada siswa kelas V MI KH Romly Tamim Bulak Surabaya setelah menerapkan strategi Gallery Walk? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) denganmodel Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1)Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan tes, sertadokumentasi. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah lembar observasiaktifitas guru dan siswa, lembarwawancara, lembar tes butir soal uraian, sertadokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi Gallery Walk dalam penelitian ini diperoleh peningkatan skor hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 47 (Sangat tidak baik)dan meningkat pada siklus II menjadi 89 (Baik) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi peserta didik pada siklus I memperoleh skor 60 (Tidak baik) meningkat menjadi 86 (Baik) (2) Peningkatan pemahaman materi akhir hayat Nabi Muhammadmengalami peningkatan pada siklus II menjadi 86%. Peningkatan pemahaman peserta didik dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dari siklus memperoleh nilai rata-rata 65 (Tidak baik) meningkat menjadi nilai 77,2 (Baik) pada siklus II dengan prosentase 54% (Sangat tidak baik) menjadi 90,3% (Sangat baik)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Fitrotulfitrotulazizah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Nabi Muhammad
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Materi akhir hayat Nabi Muhammad SAW; mapel SKI; strategi Gallery Walk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 May 2018 07:26
Last Modified: 04 May 2018 07:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24663

Actions (login required)

View Item View Item