Human validation process model untuk meningkatkan keharmonisan keluarga di Desa Pagesangan Jambangan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiah, Faidah (2018) Human validation process model untuk meningkatkan keharmonisan keluarga di Desa Pagesangan Jambangan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faidah Rofiah_B93214102.pdf

Download (6MB)

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses konseling Human Validation Process Model untuk Meningkatkan Keharmonisan Keluarga di Desa Pagesangan Jambangan Surabaya? (2) Bagaimana hasil akhir konseling dengan Human Validation Process Model untuk Meningkatkan Keharmonisan Keluarga di Desa Pagesangan Jambangan Surabaya? Peneliti mengangkat permasalahan ini karena pendidikan pertama berawal dari keluarga. Keluarga harmonis dapat menciptakan bibit-bibit anak bangsa yang cerdas. Peneliti ingin mengubah pola komunikasi di dalam keluarga ini sehingga keluarga dapat berfungsi, berperan, hak dan kewajiban saling terealisasi satu sama lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisa deskriptif kompratif. Dalam menganalisa penyebab adanya kurang keharmonisan didalam rumah tangga. Dengan membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan. Data yang digunakan berupa hasil wawancara dan observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam penelitian ini, konseling menggunakan pendekatan Human Validation Process Model dimana dalam pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan pola komunikasi positif dan efektif agar didalam keluarga tersebut mampu memahami fungsi, peran hak dan kewajiban didalam keluarga. Hasil akhir dari penelitian melalui proses konseling Human Validation Process Model untuk meningkatkan keharmonisan keluarga cukup berhasil. Hasil tersebut dapat dilihat dari adanya gejala perilaku yang nampak saat setelah proses konseling tejadi menjadi lebih baik. Sedangkan korelasi dari penelitian ini adalah menambah pengetahuan kita terutama untuk mahasiswa Bimbingan Konseling Islam pada saat melaksanakan proses konseling menggunakan salah satu Family Therapy. Untuk pembaca serta penulis semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan di dalam keluarga bagaimana mengartikan skeluarga dan mampu menjalin hubungan baik dengan keluarga dimanapun dan kapanpun itu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiah, Faidahfaidahrofiah131@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Human Validation Process Model; Keharmonisan; Keluarga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rofiah Faidah
Date Deposited: 07 May 2018 04:38
Last Modified: 07 May 2018 04:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item View Item