Efektivitas program pendidikan inklusif terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa inklusi di SMP Negeri 5 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zarkasi, Nafi'a Wilda (2018) Efektivitas program pendidikan inklusif terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa inklusi di SMP Negeri 5 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nafi'a Wilda Zarkasi_D91214113.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program pendidikan inklusif merupakan sebuah program pendidikan yang memberikan kesempatan kepada siswa inklusi (anak berkebutuhan khusus) untuk belajar bersama dengan anak-anak reguler (normal) di kelas yang sama dengan guru dan materi yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu efektivitas program pendidikan inklusif dalam meningkatkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa inklusi di SMP Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 5 Surabaya, dengan variabel program pendidikan inklusif dan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa inklusi. Oleh karena itu, objek dalam penelitian ini adalah implementasi program pendidikan inklusif di SMP Negeri 5 Surabaya dan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa inklusi dengan sumber data Kepala Sekolah, Koordinator guru inklusi, guru pendamping khusus, dan guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Dan teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan selama bulan Juli-September 2017 dan wawancara serta observasi lanjutan selama bulan Januari-April 2018, serta dengan mengambil dokumentasi berupa foto kegiatan, nilai rapor siswa, dan contoh soal ujian untuk siswa inklusi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa implementasi program pendidikan inklusif di SMP Negeri 5 sudah cukup baik dan sesuai dengan standar pendidikan inklusif, dan pencapaian siswa inklusi pada mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti sudah sangat memuaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zarkasi, Nafi'a Wildanafiawildaz@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Program Pendidikan Inklusif; Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zarkasi Nafi'a Wilda
Date Deposited: 09 May 2018 07:17
Last Modified: 09 May 2018 07:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24744

Actions (login required)

View Item View Item