Tradisi dzikir dalam ritual keagamaan Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah di Desa Punggul Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholichah, Nur Hidayatus (2018) Tradisi dzikir dalam ritual keagamaan Thoriqoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah di Desa Punggul Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Hidayatus Sholichah_E82211052..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul “Tradisi Dzikir dalam Ritual Keagamaan Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah di Desa Punggul Gedangan Sidoarjo”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan, yaitu: pertama, apa yang menjadi motivasi para jama’ah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah untuk melakukan dzikir dalam ajaran Thoriqoh. kedua, bagaimana pelaksanaan tradisi dzikir para jama’ah Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah. Dan ketiga, bagaimana pandangan masyarakat terhadap Thoriqoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial yang ada didalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penulis untuk melihat, mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah itu penulis melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan, yaitu para jama’ah dzikir thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah, para tokoh masyarakat dan warga sekitar lokasi penelitian yaitu mushollah suryalaya yang terletak didusun Punggul kecamatan gedangan kabupaten sidoarjo. Selain itu juga kegiatan sosial maupun keagamaan yang berupa peringatan hari besar Islam dan keadaan atau situasi yang terjadi dimasyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, yang menjadikan motivasi bagi para jama’ah dalam melakukan tradisi dzikir adalah agar terkabulnya cita-cita dengan melakukan dzikir maka para jama’ah dapat mengaharapkan semua hajatnya terpenuhi, selain itu juga sebagai jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kedua, dalam pelaksanaan tradisi dzikir thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah dapat diketahui dalam beberapa kegiatan geagamaan seperti khataman, dan manaqiban. Dan yang ketiga adalah pandangan masyarakat tentang dzikir thoriqoh qodiriyah wa naqsyabandiyah baik dalam segi positive maupun negativ.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholichah, Nur Hidayatusberdikarisendiri369@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Doa dan Zikir
Adat
Keywords: dzikir; Thariqah; Naqsabandiyah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Sholichah Nur Hidayatus
Date Deposited: 11 May 2018 07:47
Last Modified: 15 Mar 2019 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24796

Actions (login required)

View Item View Item