Peningkatan membaca pemahaman pada subtema sikap kepahlawanan melalui strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) siswa kelas IV MI Babussalam Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamiyah, Nahdya (2018) Peningkatan membaca pemahaman pada subtema sikap kepahlawanan melalui strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) siswa kelas IV MI Babussalam Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nahdya Islamiyah_D77214070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman anak. untuk itu peneliti mengambil tindakan pembelajaran dengan menerapkan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity). Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) pada Subtema Sikap Kepahlawan siswa kelas IV MI Babussalam Krian Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman pada Subtema Sikap Kepahlawan Melalui Strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) siswa Kelas IV MI Babussalam Krian Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Babussalam Krian Sidoarjo dangan jumlah siswa 31. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dokumentasi, tes dan nontes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Penerapan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru dan siswa pada saa pembelajaran. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 78,5 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,48. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 75,66, sedangkan siklus II meningkat menjadi 93. 2) Peningkatan keterampilan membaca pemahaman setelah menggunakan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity) pada Subtema Sikap Kepahlawanan yaitu dilihat dari hasil rata-rata dan ketuntasan belajar siswa. Untuk siklus I rata-rata siswa memperoleh nilai 72,1 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,9. Sedangkan ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkat pada siklus I memperoleh prosentase sebesar 19,5% (cukup) dan pada siklus II memperoleh prosentase sebesar 80,5% (sangat baik). Jumlah siswa di kelas IV sebanyak 31 siswa. Untuk siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 6 siswa dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 25 siswa. Jadi peningkatan skor dari hasil observasi aktifitas guru sebesar 11,98, peningkatan skor aktifitas siswa sebesar 11,34, nilai rata-rata ketuntasan siswa mengaami peningkatan sebesar 11,8 dengan kenaikan presentase ketuntsan belajar sebesar 61%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamiyah, Nahdyanahdyaislamiyahazmi20@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Peningkatan; Membaca; Pemahaman; strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Islamiyah Nahdya
Date Deposited: 09 May 2018 03:22
Last Modified: 09 May 2018 03:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item View Item