القيم الاجتماعية في رواية "بداية و نهاية" لنجيب محفوظ: دراسة أدبية اجتماعية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muna, Chozainul (2018) القيم الاجتماعية في رواية "بداية و نهاية" لنجيب محفوظ: دراسة أدبية اجتماعية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Chozainul Muna_A01214006.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Naguib Mahfouz adalah seorang novelis Mesir yang mendapatkan Penghargaan Nobel dalam bidang sastra pada tahun 1988. Naguib Mahfouz lahir di Gamaliya, Kairo, pada tanggal 11 Desember 1911 dan wafat pada tanggal 30 Agustus 2006. Dalam karyanya Naguib Mahfouz selalu mengangkat realita sosial yang terjadi di lingkungan sosial pada masanya. Salah satu novel karya Naguib Mahfouz yang mengangkat nilai-nilai sosial adalah novel “Bidayah dan Nihayah”. Dalam novel ini Naguib Mahfouz menggambarkan kesenjangan sosial berupa kemiskinan yang terjadi di Mesir pada masa itu. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis nilai-nilai sosial yang ada pada novel “Bidayah wa Nihayah”. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif yang hasilnya berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yakni berupa teks novel Bidayah wa Nihayah, baik berupa dialog maupun monolog.Hasil dari penelitian pada novel ini penulis menemukan 15 nilai-nilai sosial diantaranya: At-Tadhiyah (rela berkorban), At-Ta’âwun (tolong-menolong), Al-Musyawarah (musyawarah), Al-Muwâsât (simpati), Al-Qimâr (perjudian), Junûhul Ahdats (kenakalan remaja), Al-Mukhdarat (pengedaran narkotika), Ad-Da’ârah (prostitusi), Al-Îman (iman), At-Tawakkal (tawakal), As-Shobar (sabar), Al-Ikhlâs (ikhlas), ‘Iwad (kesenian kecapi), Nârgîleh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muna, Chozainulchozainulmuna@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Sastra
Keywords: Nilai Sosial; Bidayah wa Nihayah; Naguib Mahfouz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muna Chozainul
Date Deposited: 09 May 2018 07:35
Last Modified: 09 May 2018 07:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24807

Actions (login required)

View Item View Item