Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli barang retur: studi kasus di toko bangunan UD Sinar Alam Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardianti, Irma (2018) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli barang retur: studi kasus di toko bangunan UD Sinar Alam Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Irma Ardianti_C72214082.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Jual Beli Barang Retur (Studi Kasus di Toko Bangunan UD Sinar Alam Mojokerto), Skripsi ini adalah hasil dari penelitian lapangan (field research) yang bertujuan menjawab pertanyaan bagaimana praktek jual beli barang retur di toko bangunan UD Sinar Alam Mojokerto dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek jual beli barang retur di toko bangunan UD Sinar Alam Mojokerto. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya setelah data dikumpulkan melalui kegiatan pengumpulan data, kemudian data dianalisa menggunakna teknik deskriptif analisis. Hasil analisis disampaikan dengan pola pikir induktif yaitu metode yang digunakan untuk mengungkap kenyataan dari hasil penelitian tentang jual beli barang retur di toko bangunan UD Sinar Alam Mojokerto. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam prakteknya penjual menerima barang retur dari pembeli yang kualitasnya masih belum jelas. Artinya ada yang kondisi barangnya baik ada yang tidak. Hal tersebut memungkinkan dua hal yaitu jual beli akan tatep sah karena meskipun barang yang diterima oleh pembeli adalah barang retur, tetapi kualitasnya masih baik. Akan tetapi jual beli akan menjadi rusak jika barang retur yang diterima oleh pembeli mengalami cacat yang tidak disadari oleh toko maupun pembeli. Dengan begitu pembeli berhak mendapat ganti kerugian, dengan membawa bukti nota pembelian dari toko. Kemudian hak khiyar ‘aib seharusnya diberikan kepada pembeli jika sebelumnya sudah melakukan perjanjian atas barang yang dibeli sebelum melakukan akad. Sehubungan dengan kesimpulan di atas, maka demi mewujudkan penerapan hukum Islam dengan baik, benar dan adil di toko bangunan UD Sinar Alam Mojokerto, maka harus dilakukan oleh penjual untuk lebih teliti terhadap barang yang dijual kembali ke toko, meskipun hanya lecet namun harus benar-benar diperhatikan serta penjual sebaiknya tidak menempatkan barang yang kembali atau barang retur dengan barang baru yang ada digudang. Agar tidak terjadi kerugian bagi pembeli selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardianti, Irmairmaardiantish@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Barang retur
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ardianti Irma
Date Deposited: 11 May 2018 06:33
Last Modified: 11 May 2018 06:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item