Analisis hukum Islam terhadap perubahan harga tiket pesawat berdasarkan perbedaan waktu di Traveloka.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Barokah, Chonita Alvy (2018) Analisis hukum Islam terhadap perubahan harga tiket pesawat berdasarkan perbedaan waktu di Traveloka.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chonita Alvy Barokah_C72214068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli dalam menetapkan harga tiket pesawat di Traveloka.com terdapat unsur gharar karena bertentangan dengan etika jual beli dalam Islam. Hal tersebut disebabkan oleh harga yang berlipatganda serta keuntungan yang berlipatganda pula ketika waktu-waktu keberangkatan yang banyak diminati oleh pembeli. Unsur yang menyimpang juga ditemui karena penetapan harga sepihak disebabkan oleh kurangnya transparancy informasi mengenai keterlambatan pembayaran tiket pesawat yang membuat pembeli kurang memahami ketentuan tersebut. Unsur lain yang bertentangan juga karena terdapat perbedaan harga terhadap pembeli yang berbeda juga ditemui, hal tersebut disebut dengan diskriminasi harga. Karena perbedaan harga tersebut bukan disebabkan karena biaya yang dikeluarkan. Sehubungan dengan kesimpulan diatas, maka demi mewujudkan penerapan hukum Islam dengan baik, benar dan adil di Traveloka.com, sebaiknya tidak menaikkan harga yang terlalu signifkan karena pembeli juga menginginkan harga yang biasa mereka dapatkan dengan fasilitas yang sama pula. Dan diharapkan untuk pembeli yang akan melakukan perjalanan saat waktu libur nasional atau waktu-waktu yang sekiranya akan banyak peminat untuk membeli tiket pesawat di jauh-jauh hari agar mendapatkan harga yang lebih murah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Barokah, Chonita AlvyChonitaBarokah02@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Perubahan harga; Tiket pesawat; Traveloka.com
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Barokah Chonita Alvy
Date Deposited: 11 May 2018 03:33
Last Modified: 11 May 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item View Item