Komunikasi Interpersonal dalam keluarga ABK: studi kasus pada keluarga berkebutuhan khusus di Desa Tropodo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatun, Luluk (2018) Komunikasi Interpersonal dalam keluarga ABK: studi kasus pada keluarga berkebutuhan khusus di Desa Tropodo, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luluk Rohmatun_B96214128.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25106

Abstract

Fokus kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi pada keluarga Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Desa Tropodo No. 79 RT 08 RW 01, Kec. Waru Kab. Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kualitatif yang berfungsi untuk mendeskripsikan pola hubungan yang terjalin dalam keluargaABK. Sementara pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini fenomenologi, yang berfungsi untuk menggali informasi berdasarkan pada pengalaman-pengalaman pribadi para informan dalam berkomunikasi di lingkungan keluarga. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa ABK menggunakan beberapa cara dalam berkomunikasi. Di antaranya berkomunikasi dengan tatap muka, berkomunikasi dengan bahasa isyarat,berkomunikasi dengan bahasa tulis, dan berkomunikasi dengan alat peraga. Selain itu ABK juga memiliki kecenderungan dalam berkomunikasi. Di antaranya, ABK cenderung mengulang kata, tata bahasa ABK cenderung tidak terstruktur dengan baik, ABK cenderung menunjukkan reaksi wajah dalam berkomunikasi, serta pembendaharaan kata ABK cenderung terbatas. Adapun kesimpulan dari hasil penelitian di atas, yakni ABK menggunakan pola komunikasi diadik dalam berkomunikasi, ABK menggunakan pola komunikasi triadik dalam berkomunikasi, dan ABK menggunakan pola komunikasi total dalam berkomunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatun, Lulukrohmatun_luluk@yahoo.co.idUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Penyandang Cacat
Keywords: Komunikasi Interpersonal; Keluarga; Berkebutuhan khusus
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 May 2018 04:12
Last Modified: 15 May 2018 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25106

Actions (login required)

View Item View Item