Teknik client-centered counseling untuk anak berbakat: studi kasus SLA di SMP Negeri 3 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilah, Siti Hurriyatul (2009) Teknik client-centered counseling untuk anak berbakat: studi kasus SLA di SMP Negeri 3 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Hurriyatul Kamilah_D03205074.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Anak berbakat adalah siswa yang memiliki bakat istimewa dan kecerdasan di atas siswa normal. Sedangkan client-centered counseling merupakan salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling yang lebih menekankan pada aktivitas klien dan tanggung jawab klien sendiri, dalam memecahkan masalah yang dihadapi dan guru pembimbing hanya berperan sebagai partner dalam membantu untuk merefleksikan sikap dan perasaan-perasaan klien. Tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pemahaman dan penerapan teknik client-centered counseling untuk anak berbakat di SMP Negeri 3 Surabaya. Permasalahan yang ingin dijawab penulis di SMP Negeri 3 Surabaya adalah bagaimana kondisi anak berbakat, bagaimana pelaksanaan teknik client-centered counseling, dan bagaimana teknik client-centered counseling untuk anak berbakat. Dengan mengetahui bagaimana pemahaman dan penerapannya, peneliti dapat menganalisis apakah pelaksanaan di lapangan telah sesuai dengan teori yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Data penulis ini dihimpun melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai keadaan anak berbakat, keadaan guru pembimbing dan pelaksanaan teknik client-centered counseling untuk anak berbakat. Data yang diperoleh dipaparkan secara deskriptif dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tiga tahap, yaitu mereduksi data, yang diawali dengan menerangkan, memilih hal-hal pokok dan memfokuskannya pada hal yang terpenting dari data yang berasal Dari lapangan, setelah tahap ini selesai, dilakukan display data yaitu menampilkan data secara sederhana dalam bentuk kata-kata, kalimat naratif dan tabel, langkah yang terakhir adalah verifikasi dan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 3 Surabaya telah menerapkan teknik client-centered counseling untuk anak berbakat sesuai dengan teori client-centered counseling yang dipopulerkan oleh Carl Rogers. Hal ini terlihat dari peran guru pembimbing dengan menciptakan suasana yang rileks, nyaman tanpa ada tekanan, sehingga dengan keberbakatan dan kreativitas yang dimiliki oleh anak berbakat (ldien), klien mampu mengaktualisasikan diri, mampu mencari dan menemukan sendiri cara yang terbaik dalam pemecahan masalah yang klien hadapi, yang pada akbimya klien dapat mencapai penyesuaian psikologis secara baik dan menjadi person yang berfungsi secara sempurna (thefully functioning self).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilah, Siti HurriyatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Bimbingan Konseling
Keterampilan
Keywords: Client-centered counseling; anak berbakat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 May 2018 02:48
Last Modified: 24 May 2018 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25201

Actions (login required)

View Item View Item