Terapi behavior dengan teknik modeling dalam mengatasi pola asuh orang tua otoriter pada siswa X penyandang tunagrahita ringan di SDN Kategan Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tias, Tutut Prihatining (2012) Terapi behavior dengan teknik modeling dalam mengatasi pola asuh orang tua otoriter pada siswa X penyandang tunagrahita ringan di SDN Kategan Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tutut Prihatining Tias_D03207044.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Konseling Behavior dengan tekhnik modeling adalah konseling yang menaruh perhatian pada perubahan tingkah laku seseorang dengan cara mencontoh prilaku model. Bahwa tingkah laku seseorang itu dapat dipengaruhi oleh lingkungan. Perilaku yang negatif pada dasarnya dapat dirubah dengan pemberian bantuan konseling, untuk pendekatan yang sesuai untuk digunakan yakni dengan pendekatan konseling behavior. Seperti yang dialami oleh siswa X sebagai penyandang tunagrahita yang mendapatkan perlakuan negatif dari orang tuanya yang bersifat otoriter terhadapnya. dapat diberikan bantuan dengan menggunakan konseling behavior dengan tekhnik modeling. Dalam penelitian ini, masalah yang diteliti adalah Bagaimana pola asuh orang tua otoriter terhadap siswa X penyandang Tunagrahita di SDN Ketegan 1 Taman-Sidoarjo?, Bagaimana proses pelaksanaan terapi behavior dengan tekhnik modeling dalam mengatasi pola asuh orang tua otoriter terhadap siswa X penyandang tunagrahita di SDN Ketegan 1 Taman-Sidoarjo?, Bagaimana evaluasi dan follow up terapi behavior dengan tekhnik modeling dalam mengatasi pola asuh orang tua otoriter terhadap siswa X penyandang tunagrahita ringan di SDN Ketegan 1 Taman-Sidoarjo?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk pola asuh orang tua otoriter terhadap siswa X penyandang Tunagrahita, proses pelaksanaan terapi behavior dengan teknik modeling dalam mengatasi pola asuh orang tua otoriter terhadap siswa X penyandang tunagrahita, evaluasi dan follow up terapi behavior dengan teknik modeling dalam mengatasi pola asuh orang tua otoriter terhadap siswa X penyandang tunagrahita ringan di SDN Kategan 1 Taman-Sidoarjo. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Adapun infonnan penelitiannya adalah konseli (siswa X dan orang tua konseli), konselor, kepala sekolah, tetangga dan ternan konseli. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari proses pelaksanaan konseling behavior dalam menangani anak tunagrahita di SDN Ketegan 1 Taman-Sidoarjo menghasilkan tiga kesimpulan yaitu: (1) Adapun bentuk-bentuk pola asuh otoriter yang dilakukan orang tua dalam mengasuh anak tunagrahita pada penelitian ini adalah: Memukul anak sampai menangis, Memaksa untuk menuruti kemauan orang tua dan suka membentak dengan suara kasar, Sering menjewer dan mencubit anak.(2) proses pelaksanaan terapi behavior dengan tekhnik modeling dalam mengatsasi pola asuh orang tua otoriter dilakukan konselor dengan langkah-langkah konseling yaitu: identifikasi masalah, dignosa, prognosa, terapi I treatment dengan teknik modeling yaitu dengan cara menunjuk model untuk memberi percontohan kepada orang tua terkait dengan bentuk-bentuk pola asuh otoriter sehingga dapat membentuk

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tias, Tutut PrihatiningUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Tuna Grahita
Psikoterapi
Orang tua dan Anak
Keywords: Terapi behavior; teknik modeling; mengatasi pola asuh orang tua otoriter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2018 05:05
Last Modified: 04 Jun 2018 06:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25254

Actions (login required)

View Item View Item