Layanan penempatan dan penyaluran dalam menuntaskan kesulitan memilih karir siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adi, Adi (2010) Layanan penempatan dan penyaluran dalam menuntaskan kesulitan memilih karir siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adi_D03205080.pdf

Download (2MB)

Abstract

Karir menjadi orientasi utama sebagian besar siswa di sekolah. Untuk merencanakan kehidupan karir yang lebih baik, diperlukan suatu bimbingan yang dapat memberikan bekal cukup kepada siswa Bimbingan karir merupakan jembatan bagi siswa untuk mengetahui infonnasi karir yang akan ditekuninya, agar kesulitan­ kesulitan yang dihadapi siswa di dalam proses pemilihan karir dapat tertuntaskan. Bimbingan karir memberikan pelayanan-pelayanan yang salah satunya adalah layanan penempatan dan penyaluran. Layanan penempatan dan penyaluran ini akan membantu siswa merencanakan masa depannya selama masih di sekolah dan madrasah dan sesudah tamat, memilih program studi lanjutan sebagai persiapan untuk kelak memangku jabatan tertentu. Pennasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana layanan penempatan dan penyaluran kelas XII di SMA Negeri 2 Sidoarjo. 2). Apa kesulitan-kesulitan siswa dalam memilih karir kelas XII di SMA Negeri 2 Sidoarjo. 3). Bagaimana layanan penempatan dan penyaluran dalam menuntaskan kesulitan memilih karir siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berguna untuk mengetahui fakta tentang layanan penempatan dan penyaluran dalam menuntaskan kesulitan memilih karir siswa. Sedangkan data yang penulis himpun melalui beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari basil penelitian yang dilakukan oleh penulis mulai dari pengumpulan data dari guru bimbingan konseling serta basil analisis data memperoleh kesimpulan bahwa layanan penempatan dan penyaluran merupakan salah satu program bimbingan konseling yang paling diperioritaskan. Layanan ini diorientasikan untuk pemilihan program studi di perguruan tinggi dan menapaki dunia kerja Hal ini diupayakan untuk membantu siswa merencanakan masa depan karimya. Pelaksanaan layanan penempatan dan penyaluran kelas XII di SMA Negeri 2 Sidoarjo lebih menekankan pada persoalan karir. Dan layanan ini sudah berjalan dengan baik dan terprogram sehingga kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam perencanaan karir dapat diminimalisir meskipun secara totalitas tidak dapat dituntaskan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adi, AdiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Layanan
Masalah sosial
Karier
Keywords: Layanan penempatan dan penyaluran; bimbingan karir
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2018 08:53
Last Modified: 04 Jul 2018 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25386

Actions (login required)

View Item View Item