Implementasi Pendidikan Berbasis Karakter anak sebagai upaya mengefektifkan proses pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kriswandono, Muhammad (2011) Implementasi Pendidikan Berbasis Karakter anak sebagai upaya mengefektifkan proses pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Al Azhar Kelapa Gading Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Kriswandono_D03206038.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25406

Abstract

Penelitian ini mengggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif, dan menjadikan Kepala Madrasah sebagai informan kunci untuk mengetahui masalah yang akan diteliti. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan interview. Setelah data diperoleh, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, maka hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Implementasi Pendidikan Berbasis Karakter Anak Sebagai Upaya Mengefektifkan Proses Pembelajaran Di Sd Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya, sudah cukup baik, yaitu, maksimalnya kinerja elemen-elemen pendidikan yang mendukung penerapan pendidikan berbasis karakter ini, serta mampu meningkatkan kualitas output maupun input sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Bentuk-bentuk implementasi pendidikan berbasis karakter di Di Sd Islam AI­ Azhar Kelapa Gading Surabaya, yaitu implementasi sekolah karakter, upaya implementasi pembelajaran bermakna, dan implementasi proses pembelajaran yang efektif. Dan yang terakhir strategi manajemen pendidikan berbasis karakter Di Sd Islam Al-Azhar Kelapa Gading Surabaya sudah cukup baik, yaitu mereka menggunakan pemecahan masalah secara kontrol, evaluasi, perbaikan berkelanjutan, komitmen, motivasi, kebersamaan, serta musyawarah untuk memecahkan setiap masalah yang dihadapi setiap individu. Adapun saran yang penulis berikan adalah kepada tenaga kependidikan, pengurus yayasan khususnya Kepala sekolah yang profesional kita hendaknya memiliki strategi-strategi dalam menghadapi setiap persoalan serta bagaimana permasalahan tersebut di kelola dengan baik dan kekeluargaan, dan juga memiliki strategi-strategi dalam mengembangkan lembaganya sesuai dengan tujuan pendidikan serta visi dan misi sekolah

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kriswandono, Muhammad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pendidikan Berbasis Karakter; proses pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2018 08:52
Last Modified: 05 Jul 2018 08:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25406

Actions (login required)

View Item View Item