Prioritas ketaatan istri dalam rumah tangga di Kecamatan Bangkalan: kajian psikologi sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoha, Choliliyah (2018) Prioritas ketaatan istri dalam rumah tangga di Kecamatan Bangkalan: kajian psikologi sosial. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choliliyah Thoha_F02916176.pdf

Download (15MB)

Abstract

Tesis ini berjudul Prioritas Ketaatan Istri Dalam Rumah Tangga Di Kecamatan Bangkalan; Kajian Psikologi Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana pemahaman para istri di Kecamatan Bangkalan terhadap fikih prioritas, kemudian faktor yang melatar belakangi prioritas ketaatan mereka, dan pengaruh psikologi sosial terhadap peran mereka dalam memprioritaskan ketaatannya di kehidupan berumah tangga. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menjadikan para istri di Kecamatan Bangkalan sebagai sumber primer. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara dengan responden. Lokus penelitian ini bertempat di Kecamatan Bangkalan. Dengan menggunakan teori peran atau role theory milik Biddle dan Thomas, hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa pemahaman istri yang berstatus santri dan non santri di Kecamatan Bangkalan terhadap fikih prioritas sangat menentukan sikap dan perannya dalam memprioritaskan ketaatannya di kehidupan berumah tangga. Kemudian, ada beberapa faktor yang melatar belakangi istri di Kecamatan Bangkalan dalam memprioritaskan ketaatannya yaitu; faktor agama, pendidikan, dan stratifikasi sosial masyarakat Kecamatan Bangkalan. Sedangkan pengaruh psikologi peran bagi mereka dalam melakukan prioritas ketaatan adalah harapan orang lain dan norma yang mengikat, sehingga terbentuklah wujud perilaku. Dan dari wujud perilaku inilah timbul penilaian yang berkesinambungan dengan sanksi atau usaha dari peran seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoha, Choliliyahaniisy2012@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Wanita
Hukum Islam > Perkawinan
Psikologi Sosial
Keywords: Fikih prioritas; ketaatan istri; rumah tangga
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Thoha Choliliyah
Date Deposited: 11 Jul 2018 01:42
Last Modified: 11 Jul 2018 01:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25447

Actions (login required)

View Item View Item