Analisis pandangan hakim Pengadilan Agama Surabaya tentang nafkah ayah biologis kepada anak luar nikah berdasarkan Putusan MK Nomor 46/PUU-VIII/2010

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimullah, Ahmad Firdaus (2018) Analisis pandangan hakim Pengadilan Agama Surabaya tentang nafkah ayah biologis kepada anak luar nikah berdasarkan Putusan MK Nomor 46/PUU-VIII/2010. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Firdaus Karimullah_C01213007.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan. Penelitian ini menjawab tentang bagaimana pandangan Hakim Pengadilan Surabaya tentang anak luar nikah berdasarkan putusan MK Nomor 46/PUU-VIII/2010 dan bagaimana analisisnya terhadap pandangan Hakim Pengadilan Agama Surabaya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif. Penelitian ini dalam bentuk lapangan yaitu terjun langsung kelapangan untuk menggali data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara yaitu kepada Hakim Pengadilan Agama Surabaya. Selain wawancara peneliti juga menggunakan studi dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa ada beberapa perbedaan pandangan oleh Hakim PA Surabaya tentang nafkah ayah biologis kepada anak diluar nikah berdasarkan putusan MK Nomor 46/PUU-VIII/2010. Ada sebagian yang tidak menyetujui karena hal inib menjadi jalan pada pasangan muda dan mudi untuk melakukan perzinahan, ada juga yang menyetujui dengan alasan putusan MK Nomor 46/PUU-VIII/2010 memberikan perlindungan hukum bagi kaum wanita dan anak-anak. Penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa, pendapat Hakim–Hakim Pengadilan Agama Surabaya setuju sebagian dengan adanya putusan MK Nomor 46/PUU-VIII/2010 apabila kata “hubungan perdata” pada pasal tersebut tidak diartikan sebagai hubungan nasab melainkan hak menuntut pembiayaan pendidikan atau hak menuntut ganti rugi karena perbuatan melawan hukum yang merugikan orang lain seperti yang diatur dalam Pasal 1365 KUH perdata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimullah, Ahmad Firdausdauziping@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Orang tua dan Anak
Keywords: Nafkah ayah biologis; anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Firdaus Ahmad Firdaus
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:52
Last Modified: 23 Jul 2018 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25509

Actions (login required)

View Item View Item