Problematika agama dan agamis: kajian terhadap relasi antara agama dan pemahaman tentang agama

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assegaf, Mukhsin (2018) Problematika agama dan agamis: kajian terhadap relasi antara agama dan pemahaman tentang agama. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhsin Assegaf_F11213100.pdf

Download (5MB)

Abstract

Allah swt. menurunkan agama kepada umat manusia melalui para rasul-Nya. Media yang digunakan adalah kitab suci berupa teks dengan menyeusuaikan dengan aturan bahasa yang lazim digunakan manusia. Hanya saja persoalan sampainya agama pada manusia tidak sesederhana yang dapat dibayangkan karena pada kenyataannya pemahaman manusia terhadap kitab suci tidak seragam dan sama, bahkan seringkali terjadi perbedaan yang begitu tajam dan bertolak belakang antar pemahaman. Hal ini memunculkan sebuah prolematika antara agama dan pemahaman tentang agama yang menarik untuk diteliti. Penelitian akan berfokus pada rumusan masalah berkenaan dengan pandangan tentang konsep agama dan pemahaman tentang agama dan bagaimana menempatkan gagasan tentang pembedaan agama dan pemahaman tentang agama secara proporsional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kualitatif dengan melakukan telaah pada gagasan-gagasan para ahli agama tentang agama dan pemahaman tentang agama. Hasil dari penelitian ini mengantarkan pada sebuah kesimpulan bahwa meski agama dan pemahaman tentang agama merupakan dua sisi yang berbeda tetapi secara substansial dalam banyak hal memiliki kebenaran yang identik. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menganalisis hubungan antara agama dan pemahaman tentang agama dan dapat menyelesaikan beberapa masalah yang mengikuti persoalan ini, yang beberapa di antara masalah tersebut dapat dipandang sangat berbahaya terhadap eksistensi agama kalau tidak dijawab dengan tepat. Pada akhirnya penelitian ini diharapkan dapat bermanfaatsebagai acuan dalam bagaimana menyikapi keragaman pemahaman tentang agama yang berkembang pada umat Islam demi terwujudnya kehidupan religius dan sosial yang dipenuhi dengan hubungan yang harmonis antar sesama

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assegaf, Mukhsinmuhsinassegaf@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Problematika agama; pemahaman tentang agama
Divisions: Program Magister > Filsafat Agama
Depositing User: Assegaf Mukhsin
Date Deposited: 30 Jul 2018 07:07
Last Modified: 30 Jul 2018 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25665

Actions (login required)

View Item View Item