Aktualisasi pancajiwa dalam kehidupan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zain, Yulia Rahmawati (2018) Aktualisasi pancajiwa dalam kehidupan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yulia Rahmawati Zain_F12316262.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu nilai pondok Gontor tertuang dalam pancajiwa, sebagai petunjuk yang harus dimiliki dan dipraktekkan setiap individu yang berada di dalam pondok, pancajiwa itu yakni; Keikhlasan, yaitu mereka harus memandang semua perbuatannya sebagai ibadah kepada Allah; Kesederhanaan, yaitu mereka harus memberikan penampilan yang sederhana dan wajar; Berdikari, yaitu setiap individu harus mampu menolong dirinya sendirin; Ukhuwwah Isla>miyyah, yaitu persaudaraan sesama muslim, baik didalam maupun diluar pesantren; Kebebasan, yaitu mereka harus bebas memikirkan masa depan dan memilih jalannya sendiri, yang terikat dalam disiplin yang telah menjadi tata tertib pondok. Dengan demikian penulis memberikan judul Aktualisasi Pancajiwa Dalam Kehidupan Di Modern Darussalam Gontor Ponorogo. Adapun rumusan masalah adalah Bagaimana bentuk aktualisasi pancajiwa dalam kehidupan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo? Mengapa pancajiwa menjadi landasan dalam setiap kegiatan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo?. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mencapai hasil data yang valid dan representatif serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bentuk aktualisasi Pancajiwa di dalam Pondok Modern Darussalam Gontor adalah Kepemimpinan, Percaya Diri, Disiplin, Mandiri dan Mudah Bergau/Bermu’amalahPandangan pandangan KH. Imam Zarkasyi tentang pesantren yang bertentangan dengan pandangan para orientalis. Para orientalis pada umumnya, seperti Snouch Hurgronje, Sementara itu, KH. Imam Zarkasyi melihat pesantren dadi isi dan jiwanya, yang kemudian beliau menyimpulkan bahwa di dalam kehidupan pondok sekurang kurangnya terdapat dan diusahakan tertanam lima jiwa pesantren yang tertuang dalam Pancajiwa sehingga pancajiwa menjadi landasan dalam setiap kegiatan di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zain, Yulia Rahmawatirahmazain85@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pesantren
Keywords: Nilai nilai pesantren; pancajiwa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zain Yulia Rahmawati
Date Deposited: 01 Aug 2018 05:10
Last Modified: 01 Aug 2018 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25771

Actions (login required)

View Item View Item