معاني الأمر و النهي في ديوان الإمام الشافعي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suprisdiantoko, Suprisdiantoko (2018) معاني الأمر و النهي في ديوان الإمام الشافعي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Suprisdiantoko_A91214125.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana bentuk perintah (Al- Amr) dan larangan ( An-Nahy) dalam diwan imam syafi’i dan (2) bagaimana makna perintah(Al- Amr dan larangan ( An-Nahy) dalam diwan imam syafi’i. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk perintah (Al- Amr) dan larangan ( An-Nahy) yang terdapat dalam diwan syafi’i dan mengetahui bagaimana makna perintah (Al- Amr) dan larangan ( An-Nahy) yang terdapat dalam diwan syafi’i. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan dengan “kajian stilistik” yang ditinjau dari karya sastra itu sendiri, yaitu untuk mengungkapkan bentuk dan makna perintah dan larangan yang terdapat dalam diwan imam syafi’i. Hasil penelitian menyimpulkan 1. Bentuk perintah (Al- Amr) pada diwan syafi’i adalah berupa : 1. fi’lul amri terdapat pada bait (1,3 ,13 (Da’ al- ayyam ma tasyaa’),(7,8,9 (As-Syaibu Nadhirul wafa),(2,( Da’i Al-Atfal Wa gtarib),(3,(Akhlaq An-Nass),(1,(Fi Al-asfar khamsu Fawaaidu),(1,(Am Thiri Lu’lu’),(1,2(ihdar Mawaddatu An-Nas),(1,(Iltimas Al-Adr),(2(Thariqu An-Najah),(1,2.4(syarifu al-ilmu),(1,(Qif bi Al-Muhassabi),(2,(khadar min at-thama’),(1,(La Maqama Fi wathani Al-khurru Fihi),( 1,3,4(Irji’ Ila Rabbi Al-i’bad),(2,(Mirarah Tahmilu Al-Jamil) 2. Masdhar Na ibu A’n Fi’lul Amr terdapat pada bait (1,(Ma Aqrabu Al-faraja), dan bentuk larangan( An-Nahy) pada diwan syafi’i adalah berupa mudhari maqqrun bilam an-nahyi terdapat pada bait: (2,6,7(Da’ Al-Ayyam Ma tasyaa),(3,(Afaw Allah),(2,(At-Tafwidallah),(3(Adab An-Nashih),(2(Do’a Ila Allah),(1(Nashikhah),(1(Man Hum Al-Asdhiqa),(1(Laa Maqoma fi wathani yhudhamu Al khurru fihi). 2. Makna perintah(Al- Amr) pada diwan syafi’i adalah berupa makna haqiqi terdapat pada bait : (8,9(As-syabu Nadhir Al-fana i), (1,2(Ikhdar Mawaddatu An-nass), (1(Iltimas Al-Adri),( 2(Thariqu An-najah),( 1,2,4(Syarifuu Al-ilmu),(1(Qif bi Al-muhassabi),(2(khadar min At-tama’),(1(Laa Maqoma fi wathani yudhamu Al-khurru fihi),(1,3,4(Irji’ Ila Rabbi Al-‘ibadi),(2(Miraraa Tahmil Al-jamil) dan makna irsyad pada bait : (1,3,13(Da’ Al-Ayyam Maa Tasyaa),(7,(As-syabu Nadhir Al-fana i),(2 Da’ Al-atfal wa qtarib),(1(Ma Aqraba Al-faraja),(3(Akhlak An-nass),(1(Fi al-asfar khomsu fawaid) dan makna tamanni terdapat pada bait :(1(Amthiri lu lu) dan makna larangan( An-Nahy) pada diwan syafi’i adalah berupa makna haqiqi terdapat pada bait: (2,7(Da’ Al-Ayyam Taf’al Maa Tasyaa),(1(Laa Maqama Fi Wathani Yudhamu Al-khuru fihi) dan makna irsyad terdapat pada bait: (3(‘Afuw allah),(2(At-Tafwidillah),(1(Man Hum Al-Asdiqa),(2(Du’a Ila Allah) dan makna bayanul akibah terdapat pada bait: (6(Da’ Al-Ayyam Taf’al Maa Tasyaa),(3(Adab An-Nasih),(1(Nashikah). Dengan demikian, temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam diwan syafi’i yang terkenal dengan sufi nya terdapat juga perintah (Al-Amr) dan larangan ( An-Nahy) yang terkandung dalam bait syairnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suprisdiantoko, Suprisdiantokodiantoko22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Keterampilan
Keywords: Perintah (al-amr); larangan(an-nahy); diwan syafi’i
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Suprisdiantoko Suprisdiantoko
Date Deposited: 01 Aug 2018 07:41
Last Modified: 01 Aug 2018 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25849

Actions (login required)

View Item View Item