Implementasi supervisi pembelajaran di kelas inklusi (Studi kasus di SMPN 5 Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Dewi Nuril (2018) Implementasi supervisi pembelajaran di kelas inklusi (Studi kasus di SMPN 5 Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Nuril Hidayati_D03214002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Supervisi Pembelajaran di Kelas Inklusi Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai pelaksanaan, pendekatan, yang digunakan dalam mensupervisi, dan hambatan dalam pelaksanaan supervisi di kelas inklusi studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami penelitian ini dengan fenomena yang terjadi di lapangan, kemudian menggambrarkan dalam bentuk kata dan kalimat. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan menunjukkan bahwa dalam Implementasi Supervisi Pembelajaran di Kelas Inklusi Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya sudah dilaksanakan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kekurangan, mengenai pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan masih disamakan dengan kelas reguler. Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya tidak ada istilah guru bekerja dengan sendirinya, akan tetapi semua bekerja sama untuk membangun kemajuan kelas inklusi lebih baik lagi ke depannya. Supervisi pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya dilaksanakan dengan berbagai pendekatan yang ada, dan pelaksanaannya minimal satu kali dalam setiap semester.Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Sekolah Menengah Pertama Negeri 5 Surabaya menjadi salah satu sekolah yang bisa dikatakan awal dalam menerapkan program inklusi yang dipilih oleh Dinas, dan dalam pelaksanaannya sudah sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Dewi Nurildewinuril24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Implementasi; supervisi pembelajaran; kelas inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Hidayati Dewi Nuril
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:19
Last Modified: 02 Aug 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25908

Actions (login required)

View Item View Item