Pengaruh pemberian ekstrak daging buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap kadar Glukosa darah embrio Mencit (Mus musculus)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setianingsih, Nur (2018) Pengaruh pemberian ekstrak daging buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap kadar Glukosa darah embrio Mencit (Mus musculus). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Setianingsih_H01214005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurma Ajwa merupakan buah yang kaya akan manfaat terutama bagi ibu hamil dan perkembangan embrio. Rasanya yang manis membuat ibu hamil enggan mengkonsumsinya dikarenakan khawatir akan kadar glukosa darah embrio yang dikandungnya tinggi sehingga berdampak buruk bagi perkembangan embrio. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daging buah kurma ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap kadar glukosa darah embrio. Buah kurma ajwa diekstraksi dengan metode evaporasi. Hewan uji yang digunakan adalah 24 mencit bunting. Mencit dikelompokkan menjadi 4 kelompok masing-masing 6 ekor, yaitu kelompok P1 sebagai kontrol (aquadest), Kelompok P3 (diberi ekstrak buah kurma 3 butir/3.12 mg/KgBB), kelompok P5 (diberi ekstrak buah kurma 5 butir/5.2 mg/KgBB), kelompok P7 (diberi ekstrak buah kurma 7 butir/7.28 mg/KgBB mencit) secara oral selama 19 hari. Kadar glukosa darah embrio diukur menggunakan Accu Check Glucometer. Darah yang digunakan adalah darah yang diambil secara intracardiac. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata glukosa darah pada kelompok PK yaitu 56.67, P1 yaitu 56.67, P5 yaitu 67.17 dan P7 yaitu 52.17 dan tidak ada perbedaan yang bermakna antar kelompok. Meskipun tidak ada perbedaan yang bermakna, namun ada peningkatan kadar glukosa darah pada kelompok P5 kemudian mengalami penurunan pada kelompok P7. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh pemberian ekstrak buah kurma ajwa terhadap kadar glukosa darah embrio mencit. Kenaikan dosis pemberian ekstrak buah kurma ajwa pada penelitian ini memberikan efek hipoglikemik namun tidak bermakna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setianingsih, Nurnursetianingsih8tia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan
Keywords: Embrio Mencit; Glukosa Darah; Kurma Ajwa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Setianingsih Nur
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:39
Last Modified: 03 Aug 2018 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25934

Actions (login required)

View Item View Item