Analisis sharia compliance pada mekanisme pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) di Bank Syariah Bukopin kantor cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Muchammad Nuril (2018) Analisis sharia compliance pada mekanisme pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) di Bank Syariah Bukopin kantor cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muchammad Nuril Anwar _ G74214107.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Sharia Compliance pada Mekanisme Pembiayaan KPR(Kepemilikan Rumah) Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo” adalah hasil penelitian lapangan dengan tujuan menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana Analisis Sharia Compliance pada Mekanisme Pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian yang dilakukan dilapangan secara langsung untuk menggali informasi yang berkaitan mengenai analisis pembiayaan, pembiayaan bermasalah dan kesehatan bank. Pengumpulan data peneliti melakukan wawancara dengan informan Sekretaris Pimpinan Cabang, HRD (Head Resources DevelopmentI ), AO (Account Officer ) dan staff pengelola. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah penerapan Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, mekanisme pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dapat dilihat pada transaksi keuangan berupa budaya kepatuhan terhadap nilai, perilaku dan tindakan yang dilakukan. Dan dapat dilihat dari fatwa DSN NO: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang ketentuan umum murābahah, fatwa DSN NO: 13/DSN-MUI/IX/2000 tentang uang muka dalam murābahah. Selanjutnya DSN-MUI No. 03/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah membolehkan bank meminta jaminan kepada nasabah yang dibiayai. Dan sudah diterapkan dalam pembiayaan KPR (Kepemilikan Rumah) di Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo \Transaksi yang ada dalam Bank Syariah Bukopin Kantor Cabang Sidoarjo telah seusai dengan transaksi syariah yang sistematis menurut Dewan Pengawas Syariah. Hal ini dibuktikan tidak ada unsur pemaksaan dalam akad pada setiap transaksi pada produk pembiayaan yang dijalankan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Muchammad NurilNurielanwar1234@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kepatuhan syariah; mekanisme pembiayaan KPR
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anwar Muchammad Nuril
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:26
Last Modified: 02 Aug 2018 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25938

Actions (login required)

View Item View Item