الإضافة ومعانيها فى كتاب "أيها الولد" للإمام الغزالي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rozi, Fakhrur (2018) الإضافة ومعانيها فى كتاب "أيها الولد" للإمام الغزالي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fakhrur Rozi_A71214033.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kitab ayyuhal walad merupakan salah satu kitab karangan imam al ghozali yang di tulis untuk membalas sepucuk surat yang telah di kirim oleh salah seorang murid beliau dengan harapan agar imam al-ghozali dapat membalasnya dengan memberikan wasiat dan nasihat kepada dirinya.Peneliti memilih kitab tersebut sebagai objek penelitihan dan lebih tertarik untuk meneliti dari ilmu nahwu yang belum pernah di teliti sebelumnya yakni mengenai idhofah dan maknanya dalam kitab ayyuhal walad. Kitab tersebut memiliki susunan bahasa arab yang sangat sederhana, tentunya terdapat banyak susunan Idafah dan makna-maknanya. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif, pada penelitian ini tidak bisa diperoleh atau diukur menggunakan prosedur-prosedur stastistik. Dan dari jenis penelitian ini menggunakan penelitian dalam kajian ilmu nahwu. Dari penelitian ini, dapat di simpulkan bahwa peneliti menemukan macam-macam idhofah dan maknanya dalam kitab ayyuhal walad terdapat 105 data dan terdapat 2 macam idhofah yaituIdafah Maknawiyah yang berfaidah Ta’ri f88 data dan berfaidah Takhsis 8 data dan IdafahLafdziyah10 data. Kemudian dari segi makna-makna idhofah peneliti hanya menemukan 3 makna idhofah yaitu idhofah lamiyah 43 data, Idafah Bayaniyah 6 data, Idafah Dzarfiyah11 data, akan tetapi untuk makna IdafahTasybihiyah peneliti tidak menemukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rozi, Fakhrurrozii2705@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Keywords: Al Ghazali; Ayyuhal-Walad; Idhafah ; wa Ma'aniha
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Rozi Fakhrur
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:48
Last Modified: 03 Aug 2018 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/25996

Actions (login required)

View Item View Item