Dropship dalam pemberdayaan kaffahisme ekonomi perspektif Islam: studi pada CV. Karya Utama Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdani, Syarifuddin Hidayatullah (2018) Dropship dalam pemberdayaan kaffahisme ekonomi perspektif Islam: studi pada CV. Karya Utama Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Syarifuddin Hidayatullah Hamdani_F52416101.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Transaksi dopshipping merupakan bentuk aktivitas produktif dari bisnis online dan revolusi industri yang berupa disruptif teknologi. Dalam perjalanan kegiatan dropshipping yang dilakukan oleh supplier dan dropshipper ini muncul sebuah pemberdayaan ekonomi yang menyeluruh (ka<ffahisme ekonomi). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini berusaha menuturkan pemecahan masalah berdasarkan data-data yang ada dan didukung dengan wawancara langsung padastaff dan orang-orang yang bersangkutan. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang peneliti angkat. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskripstif kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kegiatan dropshipping dalam pemberdayaan kafahisme ekonomi dan praktik dropship perspektif Islam. Hasil dari penelitian ini ialah implementasi dropshipmemberikan sumbangsih pemberdayaan ekonomi secara merata. Kemudian dropship diperbolehkan di dalam Islam selama tidak ada dalil atas pelarangannya dengan menggunakan akad serta konsekuensi masing-masing seperti akad salam, wakalah dan samsarah. Sebagai penulis, seyogianya memberikan saran terhadap pelaku bisnis dan pemasaran berbasis internet yang dalam hal ini adalah CV. Karya Utama Surabaya (suplier) dan tenaga pemasar modern (dropshipper). Diantaranya dropshipper dituntut mampu memberikan totalitas pelayanan kepada siapa saja yang berkecimpung dalam dunia jual beli online dan pemasaran berbasis teknologi modern. Sebagai supplier CV. Karya Utama Surabaya juga harus selektif memilih dropshipper yang hendak bermitra dengan perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdani, Syarifuddin Hidayatullahalfanzaarif@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Dropship; pemberdayaan; kaffahisme ekonomi
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hamdani Syarifuddin Hidayatullah
Date Deposited: 03 Aug 2018 09:20
Last Modified: 03 Aug 2018 09:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26007

Actions (login required)

View Item View Item