Pengaruh ekstrak buah jambu biji merah (psidium guajava l.) terhadap viabilitas spermatozoa mencit (mus musculus) yang terpapar asap rokok

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hindun, Hindun (2018) Pengaruh ekstrak buah jambu biji merah (psidium guajava l.) terhadap viabilitas spermatozoa mencit (mus musculus) yang terpapar asap rokok. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hindun _ H71214011.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Paparan asap rokok merupakan faktor eksogen yang dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif pada proses spermatogenesis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak buah jambu biji merah (Psidium guajava L.) terhadap viabilitas spermatozoa mencit jantan (Mus musculus) yang terpapar asap rokok. Sebanyak 24 ekor mencit jantan yang digunakan dalam penelitian ini dibagi ke dalam 6 kelompok, yaitu: kelompok kontrol positif (K1), kelompok kontrol negatif (K2), kelompok dosis 2,5 mg/BB/hari (K3), kelompok dosis 5 mg/BB/hari (K4), kelompok dosis 7,5 mg/BB/hari (K5), kelompok dosis 10 mg/BB/hari. Perlakuan paparan asap rokok dilakukan setelah hewan uji diaklimatisasi. Pemberian ekstrak dilakukan pada hari pertama hingga hari ke 35, pemberian ekstrak dilakukan secara oral. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji Kruskal Wallish. Berdasarkan dari penelitian dapat diperoleh bahwa rata-rata persentase viabilitas spermatozoa K1 (81,75), K2 (20,25), K3 (57,25), K4 (67,75), K5 (82,75), dan K6 (46,25). Dosis optimum pada penelitian ini didapatkan pada kelompok K5 (7,5 mg/BB/hari). Sementara pada kelompok K6 (10 mg/BB/hari) terjadi penurunan persentase viabilitas spermatozoa mencit. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan pada pemberian ekstrak buah jambu biji merah terhadap viabilitas spermatozoa yang terpapar asap rokok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hindun, Hindunzitihindun321@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Keywords: ekstrak jambu biji merah, asap rokok, viabilitas spermatozoa
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Hindun Hindun
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:11
Last Modified: 03 Aug 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26011

Actions (login required)

View Item View Item