Efek fitoestrogen ekstrak kurma (Phoenix dactylifera) Ruthab terhadap tebal endometrium mencit (Mus musculus) betina

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faradina, Husniya (2018) Efek fitoestrogen ekstrak kurma (Phoenix dactylifera) Ruthab terhadap tebal endometrium mencit (Mus musculus) betina. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Husniya Faradina_H91214024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurma merupakan tumbuhan yang mengandung senyawa fitoestrogen. Fitoestrogen merupakan senyawa pada tumbuhan yang bersifat estrogenik, yaitu memiliki kemampuan untuk berikatan dengan reseptor estrogen sehingga dapat meningkatkan ketebalan endometrium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek fitoestrogen pada buah kurma (Phoenix dactylifera) ruthab terhadap tebal endometrium mencit (Mus musculus) betina. Kelompok perlakuan terdiri dari 4 kelompok yaitu kelompok kontrol (K-), kelompok dosis 1 (K1), kelompok dosis 3 (K2), dan kelompok dosis 7 (K3). Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata tebal endometrium pada masing-masing kelompok dengan tingkatan dosis. Hal ini diduga karena senyawa fitoestrogen pada buah kurma ruthab yang berikatan dengan reseptor estrogen sehingga meningkatkan ketebalan endometrium.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faradina, Husniyafaradinahusen36@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Kurma ruthab; fitoestrogen; tebal endometrium
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Faradina Husniya
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:50
Last Modified: 03 Aug 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26031

Actions (login required)

View Item View Item