Uji aktivitas antifungi ekstrak kulit buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia) terhadap jamur Candida albicans

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Silvia, Devi (2018) Uji aktivitas antifungi ekstrak kulit buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia) terhadap jamur Candida albicans. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devi Silvia_H91214021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Infeksi merupakan penyebab utama penyakit di dunia terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Salah satu infeksi yang sering terjadi adalah infeksi jamur, seperti infeksi jamur Candida albicans yang disebut kandidiasis. Infeksi dapat diobati dengan menggunakan antibiotik alami salah satunya ekstrak kulit jeruk nipis (Citrus aurantifolia) yang mengandung senyawa flavonoid, tanin, saponin, alkaloid dan senyawa lain yang berperan sebagai antifungi. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui efek antifungi ekstrak kulit buah jeruk nipis terhadap jamur Candida albicans, mengetahui perbedaan daya hambat ekstrak kulit buah jeruk nipis terhadap jamur Candida albicans berdasarkan variasi konsentrasi dan mengetahui konsentrasi optimal ekstrak kulit buah jeruk nipis dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Metode penelitian ini menggunakan uji difusi cakram dengan 10 perlakuan yaitu P1 (5 mg/ml), P2 (10 mg/ml), P3 (25 mg/ml), P4 (50 mg/ml), P5 (85 mg/ml), P6 (130 mg/ml), P7 (185 mg/ml), P8 (250 mg/ml), P9 (K+) dan P10 (K-), dilanjutkan dengan uji dilusi. Analisis data menggunakan uji Kruskal-walls. Pada uji difusi terdapat diameter hambat terendah pada konsentrasi 25 mg/ml yaitu 9,53 mm dan diameter hambat tertinggi pada konsentrasi 250 mg/ml yaitu 17,616 mm. Kadar Hambat Minimal (KHM) pada uji dilusi terdapat pada konsentrasi 25 mg/ml dan Kadar Bunuh Minimum (KBM) tidak ditemukan pada penelitian ini. Hasil uji analisis data Kruskal-walls menunjukkan (p value 0,011 < α 0,05) yang artinya terdapat perbedaan bermakna pada masing-masing kelompok perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Silvia, Deviviadeva.DS@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Keywords: Ekstrak Kulit Jeruk Nipis; Candida albicans; Senyawa Antifungi.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Silvia Devi
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:56
Last Modified: 03 Aug 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26032

Actions (login required)

View Item View Item