إعداد مادة تعليم اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية : البحث والتطوير لطلاب الصف السابع في مدرسة نور الهداية المتوسطة الإسلامية SMP بفيرينج كولون-جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Riatin (2018) إعداد مادة تعليم اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية : البحث والتطوير لطلاب الصف السابع في مدرسة نور الهداية المتوسطة الإسلامية SMP بفيرينج كولون-جرسيك. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Riatin Ningsih_F52615144.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditulis karena adanya beberapa permasalahan yang ditemukan di SMP Islam Nurul Hidayah Pereng Kulon-Gresik. Sekolah ini menggunakan LKS dan buku lama dalam pembelajaran Bahasa Arab. Materi pembelajaran di buku tersebut tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada di sekolah ini dan juga terdapat beberapa kekurangan yang berkaitan dengan daya tarik buku dalam pembelajaran Bahasa Arab, di antaranya latihan-latihan yang tidak sesuai dengan aspek keterampilan bahasa yang meliputi keterampilan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Oleh karena itu, peneliti ingin menyusun materi pembelajaran di sekolah tersebut dengan harapan dapat mengatasi masalah-maslah siswa dalam pembelajaran Bahasa Arab. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan analisis data-data dan hasil untuk mengetahui efektifitas penggunaan Materi ajar, penelitian pengembangan (R&D) ini melalui pre test dan post test. Setelah melalui penelitian yang mendalam diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Materi Pembelajaran didesain dengan beberapa langkah yang berurutan sebelum menjadi Materi pembelajaran, karakteristiknya menyajikan kompetensi bahasa yang menjadikan siswa mampu menggunakan bahasa Arab dengan baik, dari segi keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis; (2) Materi Pembelajaran bahasa Arab yang didesain memiliki efektifitas karena ditemukan perbedaan antara hasil pre test dengan post test, dengan dasar perbandingan antara hasil t hitung lebih besar dari pada nilai t tabel .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Riatinriatinningsih01@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keterampilan
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Materi pembelajaran; keterampilan Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ningsih Riatin
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:24
Last Modified: 06 Aug 2018 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26079

Actions (login required)

View Item View Item