Peningkatan pemahaman materi melaksanakan peran dalam keluarga mata pelajaran IPS Kelas II menggunakan metode Scramble di MI Al Hidayah Wedoro Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Ahmad Jauhar (2018) Peningkatan pemahaman materi melaksanakan peran dalam keluarga mata pelajaran IPS Kelas II menggunakan metode Scramble di MI Al Hidayah Wedoro Glagah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Jauhar Fikri_D07211034.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas, 2018. Peningkatan Pemahaman Materi Melaksanakan Peran Dalam Keluarga Mata Pelajaran Ips Kelas II Menggunakan Metode Scramble Di MI Al Hidayah Wedoro Glagah Lamongan. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, Pembimbing 1 Zudan Rosyidi, MA., dan Pembimbing 2 Wahyuniati, M.Si. Latar belakang penelitian ini adanya kesulitan yang dialami siswa kelas II MI Al Hidayah Wedoro Glagah Lamongan. Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil pra siklus dari 30 siswa kelas II, 13 siswa yang tuntas dalam tes dan mencapai 43.33% ketuntansan dalam belajar. Penyebabnya adalah siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang sangat jarang menggunakan metode yang menarik dan mengaktifkan siswa. Solusi mengatasi masalah ini adalah menerapkan metode scramble. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk Mengetahui penerapan Metode Pembelajaran scramble materi melaksanakan peran dalam keluarga pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Wedoro Glagah Lamongan, 2) untuk Mengetahui peningkatan pemahaman materi melaksanakan peran dalam keluarga pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah Wedoro Glagah Lamongan dengan menggunakan metode pembelajaran scramble. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian 30 siswa kelas II MI Al Hidayah ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang menggunakan tes tulis menggunakan butir soal scramble, observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara menggunakan format panduan wawancara guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Penerapan metode scramble pada mata pelajaran IPS materi melaksanakan peran dalam keluarga di kelas II MI Al Hidayah Lamongan sangat baik. Skor aktivitas guru adalah 79.1 (baik) pada siklus I menjadi 94.4 (sangat baik) pada siklus II. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu 79.1 (baik) pada siklus I meningkat menjadi 94.4 (sangat baik ) pada siklus II. 2) Pemahaman siswa terhadap materi melaksanakan peran dalam keluarga di kelas II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas 68 (cukup) pada siklus I mengalami peningkatan 85 (Baik) pada siklus II. Prosentase tingkat ketuntasan belajar sebesar 53.3% (sangat tidak baik) dari 30 siswa 16 siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 80% (Baik) dari 30 siswa 24 yang tuntas pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Ahmad Jauharjauharfikri146@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Keywords: Pemahaman; Metode pembelajaran; Scramble
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fikri Ahmad Jauhar
Date Deposited: 06 Aug 2018 08:23
Last Modified: 06 Aug 2018 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26113

Actions (login required)

View Item View Item