Penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan pemahaman materi isi kandungan Hadis Silaturahim pelajaran Al Quran Hadis Kelas IV di MI Darul Mutaqin Sadang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakiqi, Miftakhul Ilmi (2018) Penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan pemahaman materi isi kandungan Hadis Silaturahim pelajaran Al Quran Hadis Kelas IV di MI Darul Mutaqin Sadang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftakhul Ilmi Hakiqi_D97214113.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran Al-Quran Hadis di MI Darul Muttaqin Sadang belum mencapai KKM yang ditentukan,dikarenakan belum ada keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Maka diterapkan strategi yang dapat meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadis materi silaturrahim di kelas IV (empat). Tujuan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah (1). Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan pemahaman materi isi kandungan hadist silaturrahim pada pelajaran Al- Quran Hadis kelas IV (empat) di MI Darul Muttaqin. (2). Mengetahui peningkatan pemahaman siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share materi isi kandungan Hadis silaturrahim pada pembelajaran Al- Quran Hadis di MI Darul Muttaqin. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, model PTK yang dilakukan adalah model Kurt Lewin, dimana dalam dua siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berjalan efektif melalui perbaikan-perbaikan pada setiap siklusnya. Dalam peroses belajar mengajar diketahui bahwa aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan mulai pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan perolehan skor akhir 84,6 (baik). (2). Perolehan skor pemahaman siswa pada pra siklus sebesar 55,9 (kurang) meningkat menjadi 57,4 (cukup) pada siklus I. secara klasikal belum tuntas dan belum memenuhi KKM, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,4 (baik sekali). Begitu juga dengan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus mendapatkan skor sebesar 8,2% (kurang sekali) dan meningkat menjadi 13,5% (kurang sekali) pada siklus I dan untuk silus II menjadi 97,3% (sangat baik) demikian hasil penelitian di MI Darul Muttaqin Sadang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakiqi, Miftakhul Ilmiilmihakiqi94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Peningkatan pemahaman siswa; penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hakiqi Miftakhul Ilmi
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:48
Last Modified: 06 Aug 2018 04:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26126

Actions (login required)

View Item View Item