Upaya pendampingan ibu rumah tangga dengan status gizi lebih di Desa Wonoasri Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Khikmatul (2018) Upaya pendampingan ibu rumah tangga dengan status gizi lebih di Desa Wonoasri Kecamatan Wonoasri Kabupaten Madiun. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khikmatul Karimah_B72214031.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan ibu rumah tangga penyandang masalah status gizi lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan angka kecukupan gizi ibu rumah tangga yang statusnya masih memiliki IMT lebih dari batas normal. Hal ini diakibatkan karena pola hidup tidak sehat yang mencakup perilaku konsumsi yang tidak memperhatikan acuan gizi seimbang, kesukaan terhadap suatu jenis makanan tertentu, waktu tidur yang tidak sesuai dengan kebutuhan, aktivitas fisik yang kurang, lingkungan yang menganggap gemuk merupakan simbol kemakmuran, keturunan, kontrasepsi, obat-obatan dan pemahaman gizi yang keliru. Hal tersebut yang menyebabkan masalah status gizi lebih pada ibu rumah tangga di Desa Wonoasri, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun. Dalam pendampingan ini peneliti menggunakan metode penelitian sosial Participatory Action Research (PAR). PAR terdiri dari tiga kata yang saling berhubungan satu sama lain. Ketiga kata tersebut adalah partisipasi, riset, dan aksi. PAR sengaja dirancang untuk mengkonsep suatu perubahan dalam prosesnya. Peneliti ini membangun kesadaran ibu rumah tangga dalam menerapkan pola hidup sehat. Dalam prosesnya peneliti bersama Kader Posyandu, Kader BKB (bina keluarga balita), Ahli Gizi, dan ibu-ibu penyandang status gizi lebih membentuk Kelompok Gizi dan menciptakan Sekolah Gizi untuk mempermudah pengorganisasian dan riset bersama. Melalui Kelompok Gizi dan Sekolah Gizi menghasilkan peningkatan kesadaran ibu rumah tangga dalam memahami dan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini ditandai dengan menurunnya IMT ibu rumah tangga menuju IMT normal dan melalui indikator-indikator pertanyaan bebentuk angket yang peneliti buat bersama Ahli Gizi dan Kelompok Gizi. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengetahuan dan beberapa dari mereka mengimplementasikan pengetahuan yang mereka dapatkan melalui Sekolah Gizi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, KhikmatulKarimahkhikmatul@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan > Perempuan
Pemberdayaan
Keywords: Pendampingan; Status Gizi; Sekolah Gizi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Karimah Khikmatul
Date Deposited: 06 Aug 2018 01:41
Last Modified: 06 Aug 2018 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26127

Actions (login required)

View Item View Item