PENERAPAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VA MI ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ludfi, Mochammad (2015) PENERAPAN STRATEGI PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS VA MI ROUDLOTUL BANAT SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mapel IPA materi daur air. Bukti rendahnya hasil belajar di diperoleh dari wawancara yakni, Dari 22 siswa, hanya 8 siswa (36%) yang berhasil mencapai KKM 70 sedangkan 14 siswa (64%) masih belum tuntas. Hal tersebut disebabkan karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak dilengkapi dengan media yang memadai. Sementara, mata pelajaran IPA adalah mapel yang sarat dengan konsep dan membutuhkan contoh yang kongkrit. Untuk itu dibutuhkan strategi pembelajaran yang benar benar mampu menampilkan hal hal yang kongkrit dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar tersebut, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi pembelajaran picture and picture yang dilakukan dengan dua siklus.
Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan strategi pembelajaran picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VA MI Roudlotul Banat Sidoarjo? (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi picture and picture siswa kelas VA di MI roudlotul banat Sidoarjao?
Peneliti ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dikenal dengan mix method. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Data kualitatif di analisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan strategi picture and picture dalam meningkatkan hasil belajar IPA sudah berjalan dengan baik. Akan tetapi belum mendapat hasil yang maksimal. Maka dilanjutkan pada siklus II hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I dengan nilai akhir 78,12(baik) dan pada siklus II sebesar 93 ( sangat baik). Serta hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I dengan nilai akhir 72,9 (cukup) dan pada siklus II sebesar 96,6 (sangat baik). 2) terdapat peningkatan hasil belajar IPA materi daur air dengan menggunakan strategi picture and picture . Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai rata – rata kelas Siklus I skor 71,4 meningkat menjadi 86,3 pada siklus II dengan prosentase ketuntasan hasil belajar 59,09% (cukup) pada siklus I menjadi 90,9% (sangat baik) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chairati Saleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ludfi, MochammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Strategi Belajar: Metode Belajar; Hasil Belajar; Picture and Picture
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 22:39
Last Modified: 07 Nov 2015 22:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item