This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fitriyah, Nur (2015) PENERAPAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI MI AL-ASY’ARI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (472kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (953kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (628kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (496kB) | Preview |
Abstract
Pada saat pembelajaran di kelas, beberapa siswa cenderung kurang berminat dalam memahami materi yang sedang diajarkan sehingga tidak timbul rasa ingin tahu, hal ini disebabkan karena guru masih sering menggunakan metode pembelajaran klasik, seperti ceramah, mengisi LKS (Lembar Kerja Siswa). Hal ini mengakibatkan perlunya diupayakan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan minat tersebut yakni metode Mind Mapping.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Al-Asy’Ari Waru Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa di kelas VI MI Al-Asy’Ari Waru Sidoarjo sesudah menerapkan metode Mind Mapping.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang menyatakan bahwa dalam satu siklus terdiri atas empat bagian pokok, yaitu perencanaan, aksi, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di MI Al-Asy’ari desa Kundi kelurahan Kepuhkiriman kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil yaitu pada bulan November 2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Al-Asy’ari Waru Sidoarjo tahun ajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik interview, observasi, dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Penerapan metode Mind Mapping pada mata pelajaran IPA di kelas VI MI Al-ASy’ari Waru Sidoarjo. Dapat dijelaskan sebagai berikut: pada siklus I kegiatan aktivitas guru memperoleh nilai akhir 52,5 (Baik) dan kegiatan aktivitas siswa mendapatkan nilai akhir 50 (Tidak Baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mengalami kenaikan menjadi 82,3 (Sangat Baik) dan pada aktivitas siswa siklus II juga mengalami peningkatan yang mendapatkan nilai akhir 80,8 (Sangat Baik). (2) Peningkatan minat belajar siswa kelas VI MI Al-Asy’ari Waru Sidoarjo sesudah menerapkan metode Mind Mapping. Dapat dijelaskan sebagai berikut: dari kegiatan pra tindakan dengan nilai rata-rata 49 dengan prosentase minat belajar siswa tinggi dan sangat tinggi sebesar 29%. Kemudian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 51 dengan prosentase minat belajar siswa tinggi dan sangat tinggi sebesar 55% (terjadi peningkatan 26%). Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 88 dengan prosentase minat belajar siswa tinggi dan sangat tinggi sebesar 81% (terjadi peningkatan 26%).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Sihabuddin | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode Mind Mapping; Minat Belajar; Metode Belajar; Metode Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 07 Nov 2015 22:47 | ||||||
Last Modified: | 07 Nov 2015 22:47 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2623 |
Actions (login required)
View Item |