Strategi pendidikan anak Sekolah Dasar di wilayah Ekslokalisasi Surabaya: studi multi kasus di MI Unggulan Assa’adah Sememi-Benowo dan SD Baitu Ilmin Girilaya-Sawahan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachmawati, Yoeli (2018) Strategi pendidikan anak Sekolah Dasar di wilayah Ekslokalisasi Surabaya: studi multi kasus di MI Unggulan Assa’adah Sememi-Benowo dan SD Baitu Ilmin Girilaya-Sawahan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yoeli Rahmawati_F02A16215.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan strategi pendidikan anak yang digunakan guru dalam mendidik anak di wilayah ekslokalisasi MI Unggulan Assa’adah Sememi-Benowo dan SD Baitu Ilmin Girilaya-Sawahan Surabaya; (2) Mendeskripsikan hambatan dan solusi yang diberikan guru dalam mendidik anak di kedua sekolah tersebut; (3) Mendeskripsikan perbedaan dan persamaan strategi pendidikan anak di kedua sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan studi kasus berorientasi pada pendekatan kualitatif. Teknik analisis data menggunakan jenis deskriptif melalui tiga alur: (1) mereduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Temuannya (1) strategi pendidikan anak di MI Unggulan Assa’adah: Memberikan keteladanan; Membiasakan untuk berbuat baik; Memberikan nasihat yang baik; Menumbuhkan motivasi anak dalam belajar; Memberikan pujian dan hukuman; Bersikap dinamis dalam pelaksanaan berbagai macam program pendidikan; Menciptakan komunikasi yang efektif dengan orang tua wali murid; dan Memberikan pembinaan keagamaan terhadap wali murid. Sedangkan di SD Baitu Ilmin: Memberikan keteladanan; Membiasakan anak didik untuk berbuat baik; Memberikan nasihat yang baik; Menciptakan komunikasi yang efektif dengan wali murid; Memberikan sentuhan kasih sayang kepada anak didik; Mengadakan kunjungan ke rumah anak didik; dan Menjalin kerjasama dengan dinas sosial Kota Surabaya. (2) Hambatan dan solusinya jika di MI Unggulan Assa’adah: Adanya siswa yang kurang perhatian dari orang tua mereka khususnya anak mantan WTS dengan solusi memberikan kasih sayang dan menumbuhkan sikap optimisme; Adanya siswa yang memiliki akhlak tercela dengan solusi memberikan nasihat dan hukuman yang mendidik; Terbatasnya pendidik yang profesional dengan solusi menganjurkan para guru untuk sekolah lagi sesuai jurusannya. Sedangkan hambatan dan solusinya jika di SD Baitu Ilmin: Adanya siswa yang memiliki akhlak tercela dengan solusi memberikan nasihat dan hukuman atau diserahkan ke Dinas Sosial Kota Surabaya; Adanya keterbatasan dana dengan solusi menghemat dana; Adanya sarana dan prasarana yang kurang memadai dengan solusi memanfatkan kondisi seadanya. (3) Perbedaannya jika di MI Unggulan Assa’adah: Menumbuhkan motivasi anak dalam belajar; Memberikan pujian dan hukuman; Bersikap dinamis dalam pelaksanaan berbagai macam program pendidikan; Menciptakan komunikasi yang efektif dengan wali murid; Memberikan pembinaan keagamaan terhadap wali murid. Sedangkan jika di SD Baitu Ilmin: Menciptakan komunikasi yang efektif dengan orang tua wali murid; Memberikan sentuhan kasih sayang kepada anak didik; Mengadakan kunjungan ke rumah anak didik; Menjalin kerjasama dengan Dinas Sosial Kota Surabaya. Adapun persamaannya: Memberikan keteladanan; Membiasakan murid untuk berbuat baik; Memberikan nasihat yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachmawati, Yoeliyoelirachmawati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Strategi Pendidikan; Anak Sekolah Dasar; dan Wilayah Ekslokalisasi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rachmawati Yoeli
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:02
Last Modified: 08 Aug 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26242

Actions (login required)

View Item View Item