Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan Jantung Pisang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Nia Winda (2018) Pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan Jantung Pisang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gayam Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Winda Sari_B92214068.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendampingan yang dilakukan kepada kelompok jama’ah yasin dan tahlil RT 14 melalui pengelolaan jantung pisang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Gayam Kecamatan PanggulKabupaten Trenggalek. Masyarakat menyepakati memilih aset jantung pisangsebagai pemicu perubahan masyarakat adalah karena beberapa hal, diantaranyatersedianya jantung pisang yang melimpah, di Desa Gayam belum ada yang mengelola dan biaya modal yang dibutuhkan dalam pengelolaan jantung pisang tidak besar Dalam pendampingan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yaitu pendampingan yang dilakukan dengan cara memanfaatkan dan memobilisasi aset untuk meraih tujuan yang diinginkan masyarakat. Kegiatan pendampingan yang dilakukan mulai dari penyadaran terhadap aset yang dimiliki masyarakat sampai dengan masyarakat mampu memobilisasi aset untuk menuju masyarakat yang lebih sejahtera adalah salah satu tujuan dalam melakukan pemberdayaan ini. Pendampingan melalui pendekatan ABCD yang dilakukan pada kelompok jama’ah yasin dan tahlil RT 14 telah membawa perubahan pada masyarakat, baik perubahan dari segi kuantitas dan kualitas. Setelah pendampingan dilakukan masyarakat yang belum menyadari aset dan potensi yang dimilikinya sekarang mulai menyadari dan mau memanfaatkannya. Selain itu aksi yang dilakukan kelompok melalui pengelolaan jantung pisang juga mampu menjadi tambahan penghasilan perekonomian di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Nia Windaniawindas@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Jantung Pisang; Kesejahteraan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sari Nia Winda
Date Deposited: 08 Aug 2018 06:34
Last Modified: 08 Aug 2018 06:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26354

Actions (login required)

View Item View Item