Upaya peningkatan ketahanan pangan rumah tangga melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (krpl) di Dusun Bulurejo Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sibyan, Hilda Hidayatus (2018) Upaya peningkatan ketahanan pangan rumah tangga melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (krpl) di Dusun Bulurejo Desa Kepuhrejo Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hilda Hidayatus Sibyan_B92214064.pdf

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya peningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dalam mengatasi kerentanan pangan karena rendahnya kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan. Problem yang muncul dalam masyarakat adalah rendahnya kesadaran masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pangan secara mandiri, belum efektifnya kelompok Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), serta belum efektifnya kebijakan pemerintah desa dalam mendorong kemandirian pangan. Tujuan dari pemberdayaan ini untuk menemukan strategi dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat. Selain itu juga untuk menciptakan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Participatory Action Research (PAR). Hal yang mendasari dilakukannya PAR adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PRA). Langkah untuk melakukan perubahan antara peneliti dengan masyarakat dimulai dari membangun kepercayaan, melakukan pendekatan awal, melakukan riset bersama masyarakat untuk menemukan problem yang terjadi di masyarakat hingga menemukan strategi pemecahan masalah, melakukan aksi dan evaluasi bersama masyarakat. Pendampingan yang dilakukan peneliti bersama masyarakat yakni melakukan pelatihan menanam tanaman pangan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dalam menanam tanaman pangan sehingga dapat mmemunculkan kesadaran masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Selain itu juga melakukan pembelajaran membuat Pupuk Organik Cair (POC) dari sisa air cucian beras, sehingga dapat membantu masyarakat dalam melakukan perawatan tanaman. Selain memberikan pelatihan dan pembelajaran juga dilakukan penguatan kelompok melalui pemahaman pembagian peran dalam kelompok sehingga bermanfaat untuk meningkatkan keefektifan kelompok KRPL. Dengan serangkaian kegiatan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemandirian dalam memenuhi kebutuhan pangan, maka hasil yang didapat yakni meningkatnya kesadaran dan keterampilan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri sehingga dapat meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga masyarakat Dusun Bulurejo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sibyan, Hilda Hidayatussibyanhilda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; Ketahanan Pangan; Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Sibyan Hilda Hidayatus
Date Deposited: 08 Aug 2018 07:19
Last Modified: 08 Aug 2018 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26356

Actions (login required)

View Item View Item