Salat khusyuk dalam perspektif alquran dan sains

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purahman, Purahman (2018) Salat khusyuk dalam perspektif alquran dan sains. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Purahman_E93214099.pdf

Download (1MB)

Abstract

Melihat eksistensi salat yang demikian vital dan urgens, maka ibadah ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati serta mengupayakan adanya kekhusyukan dalam melaksanakannya. Salat yang khusyuk akan membawa implikasi positif bagi pelakunya, ia akan menjadi pribadi-pribadi berperilaku baik dalam kehidupan dan pergaulan sosial. Karena salat yang berkualitas bisa mencegah prilakunya dari perbuatan keji dan mungkar. Menyembah Allah berarti mendekat kepada yang maha kuasa. Orang yang dekat dengan Allah pasti jiwanya tenang. Ketenangan jiwa bermakna tidak ada stres. Maka terjadinya serangan jantung mendadak secara parsial dapat dicegah dengan sujud, meyembah Allah, maka bersujudlah kepada Allah dan sembahlah. Tinjauan penelitian ini adalah untuk menjelaskan secara mendalam tentang Salat Khusyuk dalam Perspektif Alquran dan Sains. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan). Penyajian tafsirnya dengan pendekatan tematik (mad}u’i), pendekatan ini dilakukan untuk menjelasakn kandungan ayat-ayat Alquran secara keseluruhan dengan jalan menghimpun ayat-ayat yang setema. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salat khusyuk dalam pandangan Alquran ialah salat yang dilakukan dengan sepenuh hati, merendahkan dirinya di hadapan-Nya dengan segenap jiwa dan raganya, patuh (karena takut kepada-Nya), serta menghadirkan kebersamaan dan keagungan Allah SWT. Berdasarkan penemuan-penemuan mutakhir yang menyatakan bahwa kesehatan tubuh dan penyakit sebenarnya berasal dari penyakit jiwa, dan bahwa banyak penyakit tubuh sesungguhnya dapat disembuhkan melalui ketenangan jiwa, maka salat yang khusyuk dapat dilihat sebagai sarana kesehatan tubuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purahman, Purahmanpurahman_maman@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Salat Khusyuk; Sains
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Purahman Purahman
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:50
Last Modified: 07 Aug 2018 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26357

Actions (login required)

View Item View Item