MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANFAAT DAN DAMPAK BURUK SINAR MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NU TENGGULUNAN CANDI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mauludiyah, Alfa (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI MANFAAT DAN DAMPAK BURUK SINAR MATAHARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA SISWA KELAS II MI NU TENGGULUNAN CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA materi manfaat dan dampak buruk sinar matahari pada siswa kelas II MI NU Tenggulunan Candi Sidoarjo terdapat 43,24% atau 16 siswa dari 37 jumlah siswa yang mendapatkan nilai pada kriteria ketuntasan minimal yaitu 70, yang disepakati oleh Kelompok Kerja Madrasah di Kecamatan Candi.
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui penggunaan media visual dalam rangka meningkatkan hasil belajar IPA pada materi manfaat dan dampak buruk sinar matahari dalam proses pembelajaran IPA kelas II MI NU Tenggulunan Candi Sidoarjo. (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada materi manfaat dan dampak buruk sinar matahari melalui media visual gambar pada kelas II MI NU Tenggulunan Candi Sidoarjo.
Penelitian ini menggunkan pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action) model penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis & MC Taggart. Pada tahapan siklus tersebut terdiri dari: tahap perencanaan (Plan), Tahap pelaksanaan tindakan (Acting) yang bersamaan dengan tahap pengamatan (Observation) dan yang terakhir refleksi (Reflection).
Pada penelitian ini di butuhkan 2 siklus untuk mendaptakan hasil belajar yang telah di tetapkan yaitu, 85% dari jumlah siswa harus tuntas dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar IPA dengan menggunakan media visual gambar yang telah memenuhi KKM ada 19 siswa atau 51,35% dari 37 jumlah siswa. Akantetapi, hasil yang diperoleh belum mencapai 85%, yang telah ditentukan. Maka dilakukan refleksi pada siklus I untuk melanjutkan ke siklus ke II. Hasil belajar siswa pada siklus II yang telah memenuhi KKM ada 32 siswa atau 86,49% dari 37 jumlah siswa. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan media visual gambar dalam pembelajaran IPA materi manfaat dan dampak buruk sinar matahari pada siswa kelas II MI NU Tenggulunan Candi Sidoarjo telah memenuhi KKM 85% dan dapat dikatakan berhasil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irfan Tamwifi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mauludiyah, AlfaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Keywords: Media; Visual Gambar; Hasil Belajar; IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 10 Nov 2015 07:07
Last Modified: 10 Nov 2015 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item View Item