Analisis persepsi dan perilaku komunitas Arab Ampel dan implikasinya terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizka, Amalia (2018) Analisis persepsi dan perilaku komunitas Arab Ampel dan implikasinya terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Amalia Rizka _G94214161.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman, perilaku, dan respon yang diberikan oleh komunitas Arab Ampel terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah dan implikasinya terhadap akselerasi perbankan syariah. Selain itu penelitian ini juga diharapkan dapat memberikan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang memiliki tema yang sama yaitu pengaruh perspsi komunitas Arab Ampel, perilaku komunitas Arab Ampel dan implikasinya terhadap keberadaan lembaga keuangan syariah. Penelitian empirik ini dilakukan dengan metode kualitatif yang mendeskripsikan tentang fenomena lembaga keuangan syariah dan respon yang diberikan oleh komunitas Arab Ampel. Data penelitian diperoleh dengan melakukan wawancara mendalam untuk benar-benar mendapatkan penelitian yang bersifat objektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi yang diberikan komunitas Arab Ampel terhadap lembaga keuangan syariah adalah beragam. Beberapa masyarakat Arab Ampel yang berprofesi sebagai ustadz atau pengajar menganggap bahwa prinsip dasar lembaga keuangan syariah telah sesuai dengan syari’at Islam dan mereka menggunakan jasa atau layanan dari lembaga keuangan syariah dalam kegiatan transaksi keunagan. Sebagian masyarakat lainnya yang berprofesi sebagai pedagang, ibu rumah tangga, dan pelajar memberikan respon negatif terhadap keberadaan lemaga keuangan syariah. Hal itu terlihat dari penggunaan jasa lembaga keuangan konvensional dalam transaksi keunagan yang mereka lakukan. Dalam rangka optimalisasi dan akselerasi lembaga keuangan syariah, diharapkan pihak lembaga keuangan syariah dan pemerintah dapat lebih mengoptimalkan sosialisasi mengenai lembaga keuangan syariah dan memberikan literasi keuangan dalam rangka akselerasi lembaga keuangan syariah di keluarahan Ampel kota Suarabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizka, Amaliarizkaamalia007@gamil.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Persepsi, Perilaku, Implikasi, Lembaga Keuangan Syariah.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizka Amalia
Date Deposited: 07 Aug 2018 08:32
Last Modified: 07 Aug 2018 08:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26527

Actions (login required)

View Item View Item