Pemberdayaan kelompok wanita tani dalam peningkatan hasil panen bawang merah di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufahidiyah, Kholifatul (2018) Pemberdayaan kelompok wanita tani dalam peningkatan hasil panen bawang merah di Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kholifatul Mufahidiyah_B02214006.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Melihat kondisi pertanian yang ada, kehidupan para petani sangat jauh dari kesejahteraan. Bukan hanya karena jumlah produktifitas hasil panen yang menurun, tetapi inilah menjadi penyebab rendahnya pendapatan petani. Begitu pula dengan tingginya biaya operasional pertanian yang harus dikeluarkan menjadikan pendapatan dan pengeluaran petani menjadi tidak seimbang. Peneliti dalam proses pendampingan masyarakat di Desa Sumberbening ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Pada dasarnya PAR merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (stake holders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik.Yang mendasari dilakukanya PAR adalah kebutuhan untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan yaitu agar para petani di Desa Sumberbening bisa mandiri dan mengalami proses perubahan ke arah yang lebih baik. Strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh peneliti bersama Kelompok wanita Tani yakni melakukan inovasi Pertanian Bawang merah secara organic dengan tujuan, pengurangan kebutuhan pupuk dan pestisida, peningkatan pendapatan petani, serta melatih para petani untuk bisa hidup sehat dan memiliki pengetahuan baru. Kelompok berhasil membuat pupuk cair dan pestisida organic dengan memanfaatkan tumbuhan disekitar rumah dan berhasil membudidayakan bawang merah dengan pendapatan hasil yang cukup tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufahidiyah, Kholifatulkholifatulmufahidiyah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani, Budidaya Bawang Merah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mufahidiyah Kholifatul
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:08
Last Modified: 08 Aug 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26593

Actions (login required)

View Item View Item