Komunikasi organisasi Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Surabaya dalam membangun kedekatan emosional dan solidaritas pengurus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Haqiqi, Muhammad Rizal (2018) Komunikasi organisasi Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Surabaya dalam membangun kedekatan emosional dan solidaritas pengurus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Rizal Haqiqi_B06211069.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Komunikasi organisasi gerakan mahasiswa nasional Indonesia DPC surabaya dalam membangun kedekatan emosional dan solidaritas Pengurus” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem komunikasi organisasi DPC GMNI Surabaya dalam membangun kedekatan emosional dan solidaritas pengurus, terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu : bagaimana komunikasi organisasi bottom up dan top down dalam membangun kedekatan emosional dan solidaritas Pengurus di gerakan mahasiswa nasional Indonesia DPC surabaya. Untuk mengungkapkan masalah tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, peneliti menggunakan teknik Triangulasi atau gabungan dalam hal pengumpulan data. dimana peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama, peneliti menggunakan 3 pendekatan dalam komunikasi organisasi untuk mengetahui komunikasi organisasi secara mendalam, yakni pendekatan sistem karl weick sebagai landasan pengorganisasian,pendekatan budaya Clifford greetz dan pendekatan kritis dari stanley deetz untuk memahami komunikasi organisasi di DPC GMNI Surabaya secara mendalam. Hasil penelitian ini Adalah 1). Dalam komunikasi organisasi terdapat komunikasi secara formal dan nonformal, dalam melakukan komunikasi organisasi top down ini tidak terlalu susah dalam prosesnya, dalam proses ini harus terlihat santai tapi tetap tegas, sehingga dari Pengurus pun merasakan kenyamanan dalam organisasi DPC GMNI Surabaya ini, dan dari sinilah mulai muncul rasa solidaritas antar sesama Pengurus. 2). komunikasi organisasi secara Bottom Up adalah metode yang digunakan untuk mencari solusi, memberikan kepercayaan pada Pengurus, Dalam pengambilan keputusan, setiap Pengurus bebas memberikan dan mengutarakan argument atau hasil pemikiran mereka. Kemudian solusi dipikirkan dan diputuskan dengan kesepakatan bersama, hal tersebut dapat menumbuhkan kedekatan antara kedua belah pihak yang bersifat terbuka dan saling memberikan informasi sehingga akan muncul intensitas dan integritas dalam hubungan. Rekomendasi pimpinan harus lebih tegas dan bijaksana dalam pemberian sanksi ataupun peringatan untuk Pengurus yang tidak rapat ataupun kegiatan, agar menciptakan disiplin dalam organisasi dan tetap mempertahankan komunikasi orrganisasi baik internal maupun eksternal yang sudah terjalin baik dari pengurus ke anggota maupun Anggota ke pengurus agar tetap bisa solid dan dapat memajukan organisasi di DPC GMNI Surabaya ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Haqiqi, Muhammad Rizalrizalhaqiqi15@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi Organisasi; Gerakan Mahasiswa; Kedekatan Emosional; Solidaritas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Haqiqi Muhammad Rizal
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:02
Last Modified: 08 Aug 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26725

Actions (login required)

View Item View Item