Pendampingan masyarakat melalui konservasi sumber mata air yang berkelanjutan di desa Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharis, Abdul (2018) Pendampingan masyarakat melalui konservasi sumber mata air yang berkelanjutan di desa Petung Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Kharis_B72214014.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam karya skripsi ini membahas tentang bagaimana upaya melakukan konservasi terhadap sumber mata air secara berkelanjutan. Menggunakan pendekatan dan metodologi penelitian berbasis partisipasi masyarakat yang dikenal dengan sebutan PAR (Participatory Action Research). Dalam metodologi PAR, terdapat tiga kata kunci yang menjadi landasan gerak dalam seluruh proses penelitian. Pertama ialah partisipasi, yakni mulai proses awal hingga selelsai dilakukan atas partisipasi masyarakat. Kedua ialah aksi, yakni setelah mengetahui akar permasalan bersama akan dilakukan aksi untuk menuju perubahan yang lebih baik. Ketiga ialah riset, yakni dalam kesuluruhan proses menggunakan suatu metodologi penelitian sebagai sebuah tanggung jawab akademis yeng memenuhi asas keilmuan yang baku.Dalam melakukan upaya konservasi sumber mata air secara berkelanjutan, penulis melibatkan partisipasi masyarakat mulai dari awal hingga akhir. Penulis melakukan pemetaan bersama masyarakat dan menyepakati beberapa rencana tindak lanjut. Kemudian melaksanakan apa yang telah direncanakan bersama masyarakat menjadi sebuah action. Sebagai suatu konsekuensi logis dari penelitian berbasis pemberdayaan masyarakat, maka adanya action menjadi tahap awal atas proses menciptakan suatu kemandirian dan keberdayaan masyarakat.Konservasi sumber mata air merupakan suatu keniscayaan dalam menciptakan kemandirian masyarakat khususnya di bidang kebutuhan terhadap air. Bukan hanya manusia saja bahkan hewan dan tumbuhan semuanya membutuhkan air untuk bertahan hidup dan melanjutkan regenerasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mencipakan kemandirian masyarakat dalam hal air agar dapat survive dan tidak mempunyai ketergantungan terhadap pihak lain. Lebih lanjut, upaya konservasi sumber mata air ini dilakukan dalam rangka menjamin ketersediaan kebutuhan air untuk generasi yang akan datang sebagai sebuah tanggung jawab kemanusiaan. Seperti yang telah disampaikan dalam firman Allah SWT; dan janganlah kalian meninggalkan generasi selanjutnya dalam keadaan yang lemah. (Q.S. An Nisaa’ : 9)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharis, Abdularreisabduol@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Keywords: Partisipasi: konservasi sumber mata air: pemberdayaan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Kharis Abdul
Date Deposited: 09 Aug 2018 02:24
Last Modified: 09 Aug 2018 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26733

Actions (login required)

View Item View Item