Peningkatan hasil belajar IPS materi jual beli melalui model Student Teams Achievement Division kelas III di MI Nurul Huda I Kepatihan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslikawati, Fatma (2018) Peningkatan hasil belajar IPS materi jual beli melalui model Student Teams Achievement Division kelas III di MI Nurul Huda I Kepatihan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fatma Muslikawati_D77214032.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berasal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas III MI Nurul Huda I Kepatihan Gresik dalam materi jual beli masih tergolong rendah, dari 28 siswa hanya 16 siswa yang dapat mencapai nilai kriteria
ketuntasan maksimal. Hal ini disebabkan siswa sangat pasif siswa sulit mengungkapkan pendapat pembelajaran hanya berpusat kepada guru dan kurangnya variasi model dalam pembelajaran. berdasarkan hasil wawancara dan hasil ulangan
siswa peneliti terdorong untuk melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Students Teams Achievement Division. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model Students Teams Achievement Division untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III MI Nurul Hudaa I Kepatihan Gresik?. (2) bagaimana peningkatan hasil belajar IPS setelah menerapkan model Students Teams Achievement Division pada siswa kelas III MI Nurul Huda I Kepatihan Gresik?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin. Terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklus yaitu : perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (refleciting). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari : (1) Penerapan model Students Teams Achievement
Division pada materi jual beli berjalan dengan baik dapat dibuktikan dari hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I adalah 71,4 meningkat pada siklus II menjadi 91,6. Peningkatan ini juga terjadi pada aktivitas siswa pada siklus I adalah 57,5 meningkat pada siklus II menjadi 90, (2) Adanya peningkatan pada hasil belajar siswa pada materi jual beli setelah menggunakan model Students Teams Achievement Division. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I adalah 71,8 meningkat pada siklus II menjadi 81,07. Begitupula pada ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 71,42% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar 20 siswa yang termasuk kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 89,28 dengan jumlah siswa
yang tuntas 25 siswa yang termasuk kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslikawati, FatmaFatma.Muslikawati@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar; IPS; Model Students Teams Achievement Division
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muslikawati Fatma
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:40
Last Modified: 10 Aug 2018 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26904

Actions (login required)

View Item View Item