Analisis keberadaan bakteri Eschericia coli sebagai parameter kelayakan wisata pantai Gemah Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aulia, Rahma (2018) Analisis keberadaan bakteri Eschericia coli sebagai parameter kelayakan wisata pantai Gemah Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahma Aulia_H94214028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pantai mencakup bagian laut yang masih dipengaruhi oleh proses- proses alami yang terjadi di darat Pantai pada umumnya dimanfaatkan masyarakat sebagai tempat wisata bahari untuk berenang, snorkling dan menyelam. Banyaknya kegiatan yang dilakukan di wilayah perairan pantai, menyebabkan perairan pantai menerima limbah organik dan anorganik. Bakteri Eschericia coli merupakan mikroba yang terdapat pada air yang tercemar dan dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia. Terkait uraian tersebut, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui keberadaan bakteri Eschericia coli di Pantai Gemah yang dapat dijadikan sebagai parameter kelayakan Pantai Gemah sebagai lokasi wisata yang tidak pernah sepi dari wisatawan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode MPN (Most Probable Number) yang terdiri dari tiga tahapan yaitu uji pendugaan, ujia konfirmasi, uji penguat yang dilakukan dengan menggunakan masing- masing media yang berbeda dengan tujuan tertentu pada setiap tahapan. Sampel yang diambil berasal dari 3 stasiun yang berbeda dengan masing- masing tiga pengulangan. Penelitian ini juga melakukan pengukuran parameter lingkungan pada stasiun pengambilan sampel. Hasil korelasi menunjukkan bahwa pHdan oksigen terlarut memiliki hubungan yang sempurna serta cukup kuat terhadap keberadaan bakteri Eschericia coli. Hasil uji signifikansi (2-tailed) parameter yang memiliki korelasi signifikansi dengan keberadaan bakteri Eschericia coli adalah variabel Ph(sig.(2-tailed)<0,05). Sedangkan variabel suhu, salinitas, dan oksigen terlarut tidak memiliki korelasi yang signifikan (sig.(2-tailed)>0,05). Hasil uji MPN dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat bakteri Eschericia coli di perairan Pantai Gemah dan hasil dari uji laboratorium didapatkan jumlah Eschericia coli sebesar 3,6;15 dan 6,5 MPN/100ml menurut KEPMEN-LH Nomor 51 tahun 2004 menunjukkan bakteri koliform jauh lebih rendah dari ambang baku mutu di Pantai Gemah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aulia, Rahmarahmaaulia112@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Ilmu Kelautan
Keywords: Eschericia coli:kelayakan wisata : Pantai Gemah
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Aulia Rahma
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:36
Last Modified: 09 Aug 2018 06:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item