Pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru agama MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Tri Wahyu (2018) Pengaruh latar belakang pendidikan terhadap profesionalisme guru agama MTs Fathul Hidayah Pangean Maduran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tri Wahyu Rosidah_D91214123.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana latar belakang ‎pendidikan guru Agama di MTs Fathul Hidayah? (2) Bagaimana profesionalisme guru Agama di ‎MTs Fathul Hidayah? (3) Apakah ada pengaruh latar belakang pendidikan terhadap ‎profesionalisme guru agama di MTs Fathul Hidayah?‎ Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam kasus yang tidak sesuai dengan ‎kompetensi guru sehingga guru tidak profesional dalam menjalankan tugas. Di MTs Fathul ‎Hidayah, masih ada guru yang memiliki latar belakang non pendidikan, khususnya guru yang ‎mengajar Agama. Padahal, latar belakang pendidikan bagi seorang guru sangat penting ‎dipertimbangkan sebelum guru tersebut mengajar peserta didik.‎ Data-data penelitian ini dihimpun dari guru di MTs Fathul Hidayah sebagai objek ‎penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode angket. Penelitian ini termasuk ‎penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis regresi linier.‎ Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan ‎rumus regresi linier, dapat disimpulkan bahwa: (1) 8 atau 89% guru agama memiliki latar ‎belakang pendidikan agama Islam, sedangkan sisanya sebanyak 1 atau 11% guru memiliki latar ‎belakang non pendidikan (ushuluddin). (2) Profesionalisme guru agama di MTs Fathul Hidayah ‎Pangean Maduran Lamongan bernilai 55,6%dapat dikategorikan cukup baik. (3) Tidak terdapat ‎pengaruh antara latar belakang pendidikan dan profesionalisme guru agama MTs Fathul Hidayah ‎Pangean Maduran Lamongan, dengan nilai X^2 o sebesar 0,9 sedangkan nilai X^2 pada taraf ‎signifikan 5% sebesar 3,841 lebih besar dari X^2 o.‎

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, Tri Wahyutriwahyu463@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Pendidikan; profesionalisme; guru agama‎
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosidah Tri Wahyu
Date Deposited: 09 Aug 2018 07:21
Last Modified: 09 Aug 2018 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/26943

Actions (login required)

View Item View Item