REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK MADANI DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisnawati, Desiana (2015) REPRESENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI PONDOK MADANI DALAM NOVEL NEGERI 5 MENARA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (882kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (348kB) | Preview

Abstract

Desiana Trisnawati. “Representasi Pendidikan Karakter Di Pondok Madani Dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi”. Skripsi. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya, 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tema, tokoh dan penokohan serta latar dalam novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi, (2) mendeskripsikan pendidikan karakter di pondok Madani yang terkandung dalam novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca, catat dan pustaka. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi disertai simpulan.
Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) Tema mengenai pendidikan, hal ini dapat dilihat dari latar tempat yaitu di pesantren dimana kegiatan utama yang dilakukan sehari-hari oleh tokoh utama adalah belajar. Tokoh dan Penokohan. Tokoh terdiri dari tokoh utama, yaitu Alif Fikri, dan tokoh tambahan, yaitu Raja Lubis, Said Jufri, Dulmajid, Atang, Baso Salahuddin, Kiai Rais, Ustad Salman, Tyson (Rajab Sujai), dan Ustad Torik. Penokohan berupa tokoh bulat atau kompleks dengan berbagai macam karakter yang dimiliki dan karakter yang paling dominan dari para tokohnya adalah religius, baik, pintar, rajin, semangat dan pantang menyerah, gemar membaca, setia kawan. Latar dalam novel Negeri 5 Menara menceritakan latar tempat, waktu dan sosial pada tahun 80-an. (2) Representasi Pendidikan karakter di Pondok Madani dalam novel Negeri 5 Menara meliputi: Nilai pendidikan karakter religius, Nilai pendidikan karakter jujur, Nilai pendidikan karakter toleransi, Nilai pendidikan karakter disiplin, Nilai pendidikan karakter kerja keras, Nilai pendidikan karakter kreatif, Nilai pendidikan karakter mandiri, Nilai pendidikan karakter demokratis, Nilai pendidikan karakter rasa ingin tahu, Nilai pendidikan karakter semangat kebangsaan, Nilai pendidikan karakter cinta tanah air, Nilai pendidikan karakter menghargai prestasi, Nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif, Nilai pendidikan karakter cinta damai, Nilai pendidikan karakter gemar membaca, Nilai pendidikan karakter peduli sosial, dan Nilai pendidikan karakter tanggung jawab

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Bahri Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisnawati, DesianaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Keywords: Representasi;Pendidikan Karakter;Negeri 5 Menara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Sulaiman Sulaiman
Date Deposited: 12 Nov 2015 00:56
Last Modified: 12 Nov 2015 00:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2700

Actions (login required)

View Item View Item