Analisis preferensi nasabah dalam menggunakan pembiayaan akad murabahah dan musyarakah di BPRS Madinah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiriyah, Rif'atul (2018) Analisis preferensi nasabah dalam menggunakan pembiayaan akad murabahah dan musyarakah di BPRS Madinah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rif'atul Khoiriyah_G94214182.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yakni apa sajakah faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah pembiayaan akad murabahah dan musyarakah di BPRS Madinah Lamongan dan bagaimana analisis preferensi nasabah pembiayaan akad murabahah dan musyarakah di BPRS Madinah Lamongan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang meggunakan pendekatan deskriptif analisis dengan pola pikir induktif yang mengambil pernyataan yang bersifat khusus kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum sehingga dapat diketahui preferensi nasabah dalam menggunakan pembiayaan akad murabahah dan musyarakah di BPRS Madinah Lamongan. Teknik pengumpulan data diambil dari penyebaran angket, observasi, wawancara beberapa nasabah pembiayaan murabahah dan musyarakah, wawancara pegawai BPRS Madinah Lamongan, buku pedoman perusahaan, dan dokumen lain yang sehubungan dengan pembiayaan murabahah dan musyarakah.Hasil penelitian didapatkan bahwasannya ada beberapa faktor yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil pembiayaan murabahah dan musyarakah di BPRS Madinah Lamongan. Faktor yang paling dominan diruntut dari faktor yang paling mempengaruhi preferensi nasabah pembiayaan murabahah ialah persyaratan mudah dan pelayanan memuaskan. Sedangkan pada faktor yang paling dominan diruntut dari faktor yang paling mempengaruhi pembiayaan musyarakah ialah persyaratan mudah dan realisasi cepat. Yang kemudian dikaitkan dengan teori faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan pembelian terdiri dari faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi. Setelah dianalisis ditemukan dua faktor masing-masing yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembiayaan murabahah dan musyarakah yaitu faktor persepsi dan faktor preferensi.Implikasi studi ini adalah meningkatkan pelayanan serta mempertahankan kualitas yang telah ada sehingga nasabah pembiayaan murabahah dan musyarakah merasa lebih nyaman dan puas bertransaksi di BPRS Madinah Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiriyah, Rif'atulRkhoiriyah10@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Perlindungan Konsumen
Keywords: Preferensi: murabahah: musyarakah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khoiriyah Rif'atul
Date Deposited: 10 Aug 2018 02:13
Last Modified: 10 Aug 2018 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27138

Actions (login required)

View Item View Item