الدراسة التقابلية بين اللغة العربية و اللغة الإندونيسية على مجال الزوائد وأهميتها في تعليم اللغة العربية في المستوى الرابع بشعبة تعليم اللغة العربية جامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadlillah, Wahyu Nur (2018) الدراسة التقابلية بين اللغة العربية و اللغة الإندونيسية على مجال الزوائد وأهميتها في تعليم اللغة العربية في المستوى الرابع بشعبة تعليم اللغة العربية جامعة سونن أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wahyu Nur Fadlilah_D92214090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh rakyat indonesia dalam berkomunikasi. Bahasa Indonesia menjadi identitas bangsa di tengah-tengah bangsa lain di dunia. Bahasa ini berasal dari bahasa Melayu tua, yaitu bahasa Melayu yang sampai sekarang masih dapat diselidiki sebagai peninggalan masa lampau. Sejak tanggal 28 Oktober 1928, bahasa indonesia resmi digunakan oleh bangsa Indonesia sebagai bahasa nasional. Dan jika dilihat dari rumpunya bahasa ini termasuk rumpun bahasa Austronesia. Sedang Bahasa arab merupakan Bahasa Semit.Perbedaan rumpun ini yang ahirnya menyebabkan terjadinya kesalahan-kesalahan pada para pelajar bahasa tersebut. Seperti pergesekan bahasa pertama terhadap bahasa kedua ( Bahasa Arab) yang disebut juga dengan interferensi bahasa. Berdasarkan masalah yang ada maka peneliti berkeinginan untuk melakukan studi kontrastif persamaan dan perbedaan yang dalam hal ini pada Afiksasi bahasa indonesia dan bahasa Arab dan implikasinya terhadap keterampilan menulis. Sehingga dalam penelitian ini peneliti mengambil judul “Studi Kontrastif antara Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia pada tingkat Afiksasi serta Pengaruhnyanya terhadap pembelajaran Bahasa Arab”. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui persamaan dan perbedaan afiksasi Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia, dan 2) Pengaruhnyanya terhadap maharah kitabah. Untuk menganalisa data penelitian ini peneliti menggunakan analisa kontrastif. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini terbagi menjadi dua, diantaranya: 1) persamaan dan perbedaan afiksasi dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia, A) terdapat sepuluh persamaan, meliputi faidah afiksasi yang ada dalam kedua bahasa B) terdapat dua puluh lima perbedaan meliputi faidah afiksasi yang ada dalam kedua bahasa. 2) dan pengaruh Anakon terhadap maharah kitabah adalah a) anakon dapat digunakan untuk meramal kesalahan siswa mempelajari bahasa asing atau bahasa kedua itu. Sebaiknya butir-butir yang sama akan mempermudah siswa mempelajari bahasa kedua. b) anakon dapat meberikan satu sumbangan yang menyeluruh dan konsisten dan sebagai alat pengendali penyusunan materi pengajaran dan pelajaran bahasa kedua secara efisien. dengan perbandingan perbedaan pada setiap tataran analisis bahasa, bahan dapat disusun sesuai dengan tingkat kesulitan masing-masing tataran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadlillah, Wahyu Nurwahyunurfadlillah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Keywords: Studi Kontrastif; Bahasa Arab; Bahasa Indonesia; Pembelajaran Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fadlilah Wahyu Nur
Date Deposited: 10 Aug 2018 06:50
Last Modified: 10 Aug 2018 06:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27183

Actions (login required)

View Item View Item