Terapi musik dzikir untuk relaksasi stres seorang anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sukeri, Mohammad Shazlie (2018) Terapi musik dzikir untuk relaksasi stres seorang anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mohammad Shazlie,B43214121.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian adalah (1) Bagaimana proses Terapi Musik Dzikir untuk relaksasi stres seorang anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya?, (2) Bagaimana hasil akhir Terapi Musik Dzikir untuk relaksasi stres seorang anak jalanan di UPTD Kampung Anak Negeri Surabaya? Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan analisa deskriptif komparatif. Dalam menganalisis kendala stres seorang anak jalanan data yang digunakan berupa hasil observasi yang disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Dalam proses penelitian, antara tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah identifikasi masalah, diagnosis, prognosa, pemberian terapi serta evalaluasi dan follow up. Identifikasi masalah adalah langkah yang dilakukan untuk mengetahui masalah beserta tingkah laku tampak pada konseli. Antara cara yang digunakan untuk mengetahui masalah konseli adalah melalui pendekatan wawancara dan observasi. Diagnosis. Prognosa. Pemberian Terapi atau treatment dan follow up. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa stres ini berdampak dari pengalaman konseli sendiri yang sudah lama tinggal di UPTD Kampung Anak Negeri dan sudah lama tidak bertemu dengan orang tua. Dalam penelitian ini, proses treatment ini menggunakan terapi musik dzikir. Dengan treatment ini diharapkan konseli dapat mendapatkan relaksasi terhadap stres yang dihadapi. Hasil akhir dari proses ini cukup berhasil dengan presentase 90% yang mana hasil tersebut dapat dilihat dari adanya perubahan pada sikap atau perilaku konseli yang kurang baik mulai menjadi baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sukeri, Mohammad Shazlieshazibnsukri74@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Doa dan Zikir
Musik
Keywords: Terapi musik dzikir : relaksasi stres
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sukeri Mohammad Shazlie bin
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:40
Last Modified: 13 Aug 2018 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item View Item